Hentikan Balap Liar, Road Race Ajang Raih Prestasi

Hentikan Balap Liar, Road Race Ajang Raih Prestasi

Hentikan Balap Liar, Road Race Ajang Raih Prestasi

No Comments on Hentikan Balap Liar, Road Race Ajang Raih Prestasi

Bupati Syamsuar sangat memahami hobi yang digandrungi anak-anak muda, khususnya balap sepeda motor. Namun, sayangnya, anak-anak ini kerap kali mengikuti dan melakukan balap liar.

“Ini sangat membahayakan bagi diri kalian,” kata Syamsuar di sela-sela  membuka Kejuaraan Daerah Road Race Siak Championship 2016 di sirkuit nonpermanen depan Gedung DPRD Panglima Ghimbam, Sabtu (30/4).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kapolres Siak AKBP Ino Harianto SIK, Perwira Penghubung Kodim Siak Kapten Sumarno, Ketua KONI Siak Amzar, Ketua Korwil IMI Siak Agus Samsir, Ketua KONI Siak Drs H Amzar, dan anggota DPRD Sujarwo.

Menurut dia, balap liar ini hampir saban malam terjadi persisnya di tempat ini. Sebab itu ia melarang keras aksi balap liar ini. Lebih baik ikuti kejuaraan resmi, jauh itu lebih baik. Karena semuanya sudah dipersiapkan.

Di kejuaraan yang diselenggarakan IMI Siak, manfaatkan dan salurkanlah bakat kalian dalam bidang olahraga otomotif ini. Di sini para pebalap bersaing satu sama lainnya. Tak hanya pebalap Siak, namun di luar Siak.

Dalam kejuaraan itu, orang nomor satu di Siak ini langsung membuka seremonial balapan motor bebek yang diikuti 70 starter (pebalap).

Kata dia, Kejurda Road Race Siak Championship 2016 ini merupakan langkah persiapan untuk mencari bibit-bibit  yang tangguh untuk mengikuti kejuaraan daerah yang nantinya akan dilaksanakan di Bangkinang, Kampar.

Kepada pebalap, dapat berkompetisi dengan baik sesuai dengan skill yang dimiliki. Di samping itu, kata Syamsuar, ajang balap motor ini sengaja digelar dengan tujuan  untuk menyalurkan hobi dan bakat pemuda dan anak-anak Siak, serta untuk melatih disiplin para generasi muda  agar tertib berlalu lintas.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baik mungkin,  jadilah yang terbaik dan junjung sportivitas yang tinggi,” harapnya. Selain itu, dia mengimbau pada Ramadan nanti agar tidak ada balap liar di malam hari, hormatilah orang yang sedang ibadah tarawih.

Kapolres siak AKBP Ino Harianto SIK menyampaikan terima kasih terhadap Pemerintah Kabupaten Siak telah peduli dengan menyalurkan hobi anak-anak muda yang suka balapan.

Ino menambahkan, dalam empat bulan terakhir sudah ada 200 kejadian lakalantas yang terjadi di Siak, hal ini terjadi dari usia anak-anak sekolah hingga usia 40 tahun.

“Saya  mengimbau seluruh masyarakat agar menaati aturan lalu lintas, jadikan budaya sopan santun di jalan raya,” harap Ino yang dimutasi sebagai Kapolres Bengkalis.

Ketua Panitia Pelaksana Ridwan Helmi menyebutkan perlombaan pada iven ini berjumlah sebanyak 11 kelas, Untuk kelas Kejurkab dibagi menjadi 3 kelas yaitu, kelas bebek 4 tak 125 cc (mp3 dan mp4) nonkategori, kelas bebek 4 tak 125 standar showroom, dan kelas matic 115 cc standar.

Sedangkan untuk kelas open dibagi menjadi 8 kelas, bebek 4 tak 150 cc tune up, bebek 4 tak 130 cc tune up, bebek 4 tak 110 cc tune up pemula, bebek 4 tak 125 cc tune up pemula, matic 130 cc tune up open, bebek 4 tak 125 cc tune up pemula Riau, FU/MX/Sonic tune up open dan vespa open.

70 peserta dengan 140 starter yang akan berlaga di masing masing kelas selama 2 hari. Peserta berasal dari Siak, kota lainnya di Provinsi Riau dan dari luar Provinsi Riau.

Sumber riaupos.co, Senin 02 Mei 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top