“Banyak laporan yang masuk, tetapi saya lupa berapanya, karena masih didata dan menunggu laporan dari kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra, Jumat (10/7/2015).
Dikatakan Andra, beberapa diantaranya seperti penyakit kulit, penyakit mata, pneumonia, asma dan lainnya. “Kepada ibu hamil dan penderita asma diharapkan tidak melakukan aktivitas berlebihan di luar rumah, sekaligus imbauan kepada masyarakat,” imbaunya.
Sementara bagi masyarakat yang memang harus melakukan aktivitas di luar rumah atau ruangan, diminta tetap menggunakan masker setiap saat.
Pagi ini, Kota Pekanbaru kembali dikepung asap tebal. Indek Standar Pencemar Udara (ISPU) di beberapa titik menunjukkan kualitas udara Pekanbaru dalam kategori ‘tidak sehat’.
Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman bersama pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan lainnya menyatakan kabut asap yang menimpa Riau beberapa waktu belakangan adalah kiriman dari provinsi tetangga.