Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Siak


Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Siak

" Pemerintahan - BAPPEDA "
VISI
Kabupaten Siak telah menetapkan Visi jangka menengah 2006 - 2011, yaitu :
Terwujudnya kesejahteraan rakyat yang lebih merata dan terbentuknya landasan yang kuat menuju Kabupaten Siak sebagai pusat budaya Melayu di Riau yang didukung agribisnis, agroindustri dan pariwisata yang maju”
Dalam rangka mendukung terwujudnya visi Kabupaten Siak ,maka Bappeda menetapkan visi jangka menengah 2006-2011 adalah sebagai berikut :
“Tersusunnya rumusan perencanaan daerah, tata ruang  dan  laporan kinerja pemerintah Kabupaten Siak”

MISI
Untuk melaksanakan Visi tersebut Bappeda Kabupaten Siak telah menetapkan Misi jangka menengah untuk lima tahun ke depan (2006 – 2011), yaitu :
  1. Menyusun rumusan perencanaan pengembangan dan peningkatan sarana prasarana daerah yang mendukung peningkatan pemerataan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan daerah yang berkelanjutan;
  2. Menyusun rumusan perencanaan pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia professional yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dilandasi keimanan, ketaqwaan, dan nilai–nilai Budaya Melayu;
  3. Menyusun rumusan perencanaan pemberdayaan masyarakat, sumber daya alam dan seluruh  kekuatan ekonomi daerah untuk memperkuat landasan struktur perekonomian berbasis kerakyatan yang bertumpu pada agribisnis, agroindustri dan pariwisata;
  4. Menyusun rumusan tata ruang dan pengembangan wilayah  Kabupaten Siak
TUJUAN
Berdasarkan misi yang telah diuraikan di atas Bappeda Kabupaten Siak menetapkan tujuan misi sebagai berikut :
  1. Menyusun rumusan perencanaan pengembangan dan peningkatan sarana prasarana daerah  yang mendukung peningkatan pemerataan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan daerah yang berkelanjutan.
  2. Menyusun rumusan perencanaan pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia profesional yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dilandasi keimanan, ketaqwaan, dan nilai–nilai Budaya Melayu.
  3. Menyusun rumusan perencanaan pemberdayaan masyarakat, sumber daya alam dan seluruh  kekuatan ekonomi daerah untuk memperkuat landasan struktur perekonomian berbasis kerakyatan yang bertumpu pada agribisnis, agroindustri dan pariwisata.
  4. Menyusun rumusan tata ruang dan pengembangan wilayah  Kabupaten Siak.

TUPOKSI BAPPEDA
  1. Sekretariat mempunyai tugas merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan  tugas kesekretariatan.
  2. Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan kebijakan teknis administrasi kepegawaian, administrasi keuangan ,perencanaan pelaporan dan urusan rumah tangga.
  2. Penyelenggaraan Kebijakan administrasi umum
  3. Pembinaan, pengkoordinasian , pengendalian, pengawasan program dan  kegiatan Sub bagian
  4. Penyelenggaraan  evaluasi  program dan kegiatan sub bagian 


Subbagian Penyusunan Program

Sub bagian Penyusunan Program   mempunyai tugas merencanakan operasionalisasi kerja, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan tugas dibidang penyusunan program, perencanaan dan Pelaporan.
Rincian tugas dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut : 
  1. Menyusun  rencana operasionalisasi kegiatan kerja sub bagian penyusunan program
  2. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk kepada staff
  3. Memberi petunjuk operasional kegiatan kepada staffnya
  4. Menyusun rencana perjalanan dinas
  5. Mengendalikan rencana tahunan
  6. Merencanakan kebutuhan sarana dan  prasarana dinas meliputi pemeliharaan gedung,   pemeliharaan peralatan.  
  7. Menyiapkan bahan laporan bulanan, triwulan dan tahunan
  8. Melaksanakan penyimpanan berkas kerja, data dan bahan menurut ketentuan yang berlaku
  9. Mengumpulkan dan mengolah data laporan hasil kegiatan dinas
  10. Melaksanakan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan dan penyajian data statistik serta informasi
  11. Melaksanakan penyusunan bahan Rencana Strategis (RENSTRA);
  12. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan dinas
  13. Melaksanakan Penyusunan bahan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);
  14. Melaksanakan penyiapan bahan dan penyusunan RASK / DASK
  15. Melaksanakan  inventarisasi permasalahan penyelenggaraan program dan kegiatan
  16. Mengevaluasi hasil program  kerja
  17. Membuat laporan  hasil kegiatan
  18. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan  
Subbagian Keuangan 
Sub bagian Keuangan mempunyai tugas Merencanakan operasionalisasi, memberi petunjuk, memberi tugas, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan urusan keuangan, kegiatan kebendaharawanan dalam  rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD);
Rincian tugasdimaksud pada ayat (1) sebagai berikut : 
  1. Membuat  rencana operasionalisasi program kerja Sub bagian Keuangan
  2. Membuat daftar  usulan kegiatan. 
  3. Membuat daftar gaji dan melaksanakan  penggajian
  4. Menyiapkan proses administrasi terkait dengan penatausahaan keuangan daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  5. Menyiapkan pembukuan setiap transaksi keuangan pada buku kas umum
  6. Melaksanakan perbendaharaan keuangan dinas
  7. Melaksanakan Pengendalian pelaksanaan tugas pembantu pemegang kas
  8. Mengajukan SPP untuk pengisian kas, SPP beban tetap dan SPP gaji atas persetujuan pengguna anggaran (kepala satuan kerja perangkat daerah/lembaga teknis daerah yang ditetapkan sebagai pengguna anggaran dengan keputusan bupati
  9. Memeriksa pembayaran  gaji SKPP pegawai yang mutasi
  10. Mendistribusikan uang kerja kegiatan kepada pemegang kas kegiatan sesuai dengan jadwal kegiatan atas persetujuan pengguna anggaran;
  11. Melaksanaan kegiatan  meneliti, mengoreksi dan menandatangani Surat Pertanggungjawaban (SPJ) atas penerimaan dan pengeluaran kas beserta lampirannya dan laporan bulanan
  12. Mengevaluasi hasil Program kerja.
  13. Membuat Laporan  hasil kegiatan
  14. Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan  
Subbagian Umum dan Kepegawaian
Sub bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan administrasi Umum dan kepegawaian
Rincian tugas dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :
  1. Membuat rencana operasionalisasi program kerja Sub Bagian umum dan Kepegawaian
  2. Mengendalikan surat masuk dan surat keluar, arsip, kegiatan pengetikan, administrasi barang dan perlengkapan dinas, pelaksanaan administrasi penggunaan dan pemakaian kendaraan dan Rumah tangga serta penggunaan kantor.
  3. Melaksanakan pengaturan urusan rumah tangga dan  keamanan lingkungan dinas serta rumah dinas kantor
  4. Melaksanakan tugas humas dan keprotokoleran dinas, mengumpulkan, mengelola, dan  menyimpan data kepegawaian dinas
  5. Mempersiapkan rencana kebutuhan pegawai dinas dan bahan usulan kenaikan pangkat, gaji berkala pegawai., penyiapan bahan dan data pegawai yang akan mengikuti pendidikan pelatihan kepegawaian.
  6. Mempersiapkan bahan pemberhentian, teguran  pelanggaran disiplin, pensiun dan surat cuti pegawai dinas.
  7. Melaksanakan pengelolaan perpustakaan Dinas
  8. Melaksanakan pengurusan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, inventarisasian perlengkapan dinas.
  9. Melaksanakan pemeliharaan dan perawatan gedung kantor, perlengkapan dan kendaraan dinas.
  10. Menyelenggarakan administrasi kepegawaian meliputi penempatan, kenaikan pangkat, gaji berkala
  11. Mempersiapkan bahan dan rencana kesejahteraan pegawai serta Mengatur kehadiran pegawai
  12. Membuat laporan kepegawaian dan Daftar Urutan Kepegawaian (DUK) dan bahan pembuatan DP-3 setiap pegawai.
  13. Mengevaluasi hasil Program kerja.
  14. Menyusun Laporan  hasil kegiatan
  15. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan.



Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Sosial
Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Sosial, terdiri dari:
  • - Subbidang Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan;
  • - Subbidang Kesehatan, KB dan Kesejahteraan Rakyat.
Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan  tugas Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Sosial. Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Sosial mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan kebijakan teknis Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Sosial
  2. Penyelenggaraan Kebijakan administrasi umum
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan  kegiatan Subbidang dan pejabat non stuktural dalam lingkup Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Sosial
  4. Penyelenggaraan  evaluasi  program dan kegiatan Subbidang dan pejabat non stuktural dalam lingkup Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Sosial
Subbidang Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan
Subbidang Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan mempunyai tugas Merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaran tugas Subbidang Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan
Rincian tugas dimaksud pada ayat ( 1 ) sebagai berikut  :
  1. Melaksanakan  rencana dan program kerja  Subbidang Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan.sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Membagi  tugas dan memberi petunjuk kepada staff sesuai bidang tugas
  3. Menilai  prestasi kerja staff sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier
  4. Melaksanakan  Koordinasi dan supervisi pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan
  5. Melaksanakan  dan Penetapan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan
  6. Melaksanakan  pengawasan dan pengendalian pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan
  7. Melaksanakan  laporan seksi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas
  8. Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan lingkup bidang tugasnya 
Subbidang Kesehatan, KB dan Kesejahteraan Rakyat
Subbidang Kesehatan, KB dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas Merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaran tugas Subbidang Kesehatan, KB dan Kesejahteraan Rakyat
Rincian tugas dimaksud pada ayat ( 1 ) sebagai berikut  :
  1. Melaksanakan  rencana dan program kerja Subbidang Kesehatan, KB dan Kesejahteraan Rakyat sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Membagi  tugas dan memberi petunjuk kepada staff sesuai bidang tugas
  3. Menilai  prestasi kerja staff sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier
  4. Melaksanakan  Koordinasi dan supervisi pengembangan Kesehatan, KB dan Kesejahteraan Rakyat
  5. Melaksanakan  dan Penetapan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Kesehatan, KB dan Kesejahteraan Rakyat
  6. Melaksanakan  pengawasan dan pengendalian pengelolaan Kesehatan, KB dan Kesejahteraan Rakyat
  7. Melaksanakan  laporan subbidang sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas
  8. Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan lingkup bidang tugasnya



Bidang Ekonomi dan Keuangan
Bidang Ekonomi dan Keuangan, terdiri dari :
  • - Subbidang Perindustri, Perdagangan,Koperasi dan UMKM;
  • - Subbidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan.Download DUK Bappeda 2009
Bidang Ekonomi dan Keuangan mempunyai tugas merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan  tugas Bidang Ekonomi dan Keuangan
Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Ekonomi dan Keuangan mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan kebijakan teknis Bidang Ekonomi dan Keuangan
  2. Penyelenggaraan Kebijakan administrasi umum
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan  kegiatan Subbidang dan pejabat non stuktural dalam lingkup Bidang Ekonomi dan Keuangan
  4. Penyelenggaraan  evaluasi  program dan kegiatan Subbidang dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang
Subbidang Perindustri, Perdagangan, Koperasi dan UMKM 
Subbidang Perindustri, Perdagangan,Koperasi dan UMKM mempunyai tugas Merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaran tugas Subbidang Perindustri, Perdagangan,Koperasi dan UMKM
Rincian tugas dimaksud pada ayat ( 1 ) sebagai berikut  :
  1. Melaksanakan  rencana dan program kerja . Subbidang Perindustri, Perdagangan,Koperasi dan UMKM sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Membagi  tugas dan memberi petunjuk kepada staff sesuai bidang tugas
  3. Menilai  prestasi kerja staff sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier
  4. Melaksanakan  Koordinasi dan supervisi pengembangan Perindustri, Perdagangan,Koperasi dan UMKM
  5. Melaksanakan  dan Penetapan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Perindustri, Perdagangan,Koperasi dan UMKM
  6. Melaksanakan  pengawasan dan pengendalian pengelolaan Perindustri, Perdagangan,Koperasi dan UMKM
  7. Melaksanakan  laporan subbidangi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas
  8. Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan lingkup bidang tugasnya  
Subbidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan 
Subbidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan mempunyai tugas Merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaran tugas Subbidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan
Rincian tugas dimaksud pada ayat ( 1 ) sebagai berikut  :  
  1. Melaksanakan  rencana dan program kerja Subbidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan.sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Membagi  tugas dan memberi petunjuk kepada staff sesuai bidang tugas
  3. Menilai  prestasi kerja staff sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier
  4. Melaksanakan  Koordinasi dan supervisi pengembangan Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan
  5. Melaksanakan  dan Penetapan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan
  6. Melaksanakan  pengawasan dan pengendalian pengelolaan Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan
  7. Melaksanakan  laporan subbidangi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas
  8. Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan lingkup bidang tugasnya



Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah
Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, terdiri dari :
  • - Subbidang Prasarana Fisik dan Perhubungan;
  • - Subbidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.
Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah mempunyai tugas merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan  tugas Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah
Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan kebijakan teknis Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah
  2. Penyelenggaraan Kebijakan administrasi umum
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan  kegiatan Subbidang dan pejabat non stuktural dalam lingkup Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah
  4. Penyelenggaraan  evaluasi  program dan kegiatan Subbidang dan pejabat non stuktural dalam lingkup bidang  
Subbidang Prasarana Fisik dan Perhubungan
Subbidang Prasarana Fisik dan Perhubungan mempunyai tugas Merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaran tugas Subbidang Prasarana Fisik dan Perhubungan
Rincian tugas dimaksud pada ayat ( 1 ) sebagai berikut  :
  1. Melaksanakan  rencana dan program kerja Subbidang Prasarana Fisik dan Perhubungan..sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Membagi  tugas dan memberi petunjuk kepada staff sesuai bidang tugas
  3. Menilai  prestasi kerja staff sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier
  4. Melaksanakan  Koordinasi dan supervisi pengembangan Prasarana Fisik dan Perhubungan
  5. Melaksanakan  dan Penetapan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Prasarana Fisik dan Perhubungan
  6. Melaksanakan  pengawasan dan pengendalian pengelolaan Prasarana Fisik dan Perhubungan
  7. Melaksanakan  laporan subbidangi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas
  8. Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan lingkup bidang tugasnya
Subbidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup
Subbidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup mempunyai tugas Merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaran tugas Subbidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup
Rincian tugas dimaksud pada ayat ( 1 ) sebagai berikut  :
  1. Melaksanakan  rencana dan program kerja Subbidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Membagi  tugas dan memberi petunjuk kepada staff sesuai bidang tugas
  3. Menilai  prestasi kerja staff sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier
  4. Melaksanakan  Koordinasi dan supervisi pengembangan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup
  5. Melaksanakan  dan Penetapan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup
  6. Melaksanakan  pengawasan dan pengendalian pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup
  7. Melaksanakan  laporan subbidangi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas
  8. Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan lingkup bidang tugasnya 



Bidang Statistik dan Pelaporan
Bidang Statistik dan Pelaporan, terdiri dari :
  • - Subbidang Data Statistik;
  • - Subbidang Monitoring dan Evaluasi.
Bidang Statistik dan Pelaporan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang, mempunyai tugas pokok mempersiapkan bahan-bahan yang berkaitan dengan statistik dan pelaporan serta menyelenggarakan kegiatan statistik atau pencatatan dan pelaporan untuk keperluan perencanaan pembangunan selanjutnya.
Dalam menyelenggarakan  tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Statistik dan Pelaporan mempunyai fungsi :
  1. Penyusunan kebijakan teknis Bidang Statistik dan Pelaporan
  2. Penyelenggaraan Kebijakan administrasi umum
  3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan  kegiatan Seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup Bidang Statistik dan Pelaporan
  4. Penyelenggaraan  evaluasi  program dan kegiatan Seksi dan pejabat non stuktural dalam lingkup Bidang Statistik dan Pelaporan.  
Subbidang Data Statistik
Subbidang Data Statistik mempunyai tugas Merencanakan operasionalisasi, memberi tugas, memberi petunjuk, menyelia, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan penyelenggaran tugas Subbidang Data Statistik
Rincian tugas dimaksud pada ayat ( 1 ) sebagai berikut  :
  1. Melaksanakan  rencana dan program kerja . Subbidang Data Statistik sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
  2. Membagi  tugas dan memberi petunjuk kepada staff sesuai bidang tugas
  3. Menilai  prestasi kerja staff sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier
  4. Melaksanakan  Koordinasi dan supervisi pengembangan Data Statistik
  5. Melaksanakan  dan Penetapan petunjuk pelaksanaan pengelolaan Data Statistik
  6. Melaksanakan  pengawasan dan pengendalian pengelolaan Data Statistik
  7. Melaksanakan  laporan seksi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas
  8. Melaksanakan  tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan lingkup bidang tugasnya