Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Siak

" Pemerintahan - Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga "
BAB I
PENDAHULUAN


GAMBARAN UMUM
Kabupaten Siak terletak diantara 1’16’30” LU sampai dengan 0’20’49” LU dan 100’54’21” BT sampai dengan 102’10’59 BT, dengan luas wilayah mencapai 8.556,09 Km2.
Kabupaten Siak merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi pariwisata, seni budaya yang sangat prospektif di Propinsi Riau, terutama karena historis Kerajaan Siak yang cukup dikenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di manca negara.

Adanya bermacam – macam situs peninggalan sejarah yang erat kaitannya dengan kemasyuran Sultan Siak serta peninggalan – peninggalan Belanda pada zaman penjajahannya, kemudian juga memiliki aset wisata alam seperti Danau Zamrud, Danau Naga Sakti, Wisata Agro disepanjang kawasan perkebunan serta kawasan – kawasan tambang minyak yang ada turut menambah daya tarik pariwisata daerah ini.


Disamping itu, Kabupaten Siak juga memiliki potensi kepemudaan dan keolahragaan yang apabila pemanfaatannya dapat dioptimalkan, akan menjadi modal dan kekuatan pendukung bagi pembangunan daerah.

Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak adalah merupakan unsur pelaksanaan Pemerintah Kabupaten Siak dalam bidang Kepariwisataan Seni Budaya Pemuda dan Olahraga yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah dengan tugas pokok membantu Kepala Daerah dalam menyelenggarakan sebagian tugas umum Pemerintah dan pembangunan di bidang Kepariwisataan Seni Budaya Pemuda serta bidang Keolahragaan.

Dari kondisi yang dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Siak memiliki Aset Wisata Seni Budaya Kepemudaan dan Keolahragaan yang dapat meningkatkatkan Sumber Daya Manusia yang memadai dan tepat guna.

STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak  berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomor 08 tahun 2008 tanggal 20 September 2008 adalah sebagai berikut:

KEPALA DINAS

SEKRETARIS, yang membawahi 3 Sub Bagian, yaitu :
  1. Sub Bagian Perencanaan Program
  2. Sub Bagian Keuangan
  3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Bidang Objek Wisata dan Seni Budaya, yang membawahi 3 seksi, yaitu :
  1. Seksi Objek Wisata
  2. Seksi Pentas Seni Budaya
  3. Seksi Rekreasi dan Aneka Hiburan
Bidang Usaha Sarana Pariwisata, yang membawahi 3 seksi, yaitu :
  1. Seksi Penginapan dan Perhotelan
  2. Seksi Tempat Hiburan
  3. Seksi Rumah Makan/Bar/Cafe
Bidang Pengembangan Produksi dan Penyuluhan, yang membawahi 3 seksi, yaitu :
  1. Seksi Pengkajian dan Pengembangan
  2. Seksi Promosi Pemasaran dan Peyuluhan
  3. Seksi Pelayanan Informasi
Bidang Kepemudaan dan Olahraga, yang membawahi 3 seksi, yaitu :
  1. Seksi Kepemudaan
  2. Seksi Olahraga
  3. Seksi Pembinaan Sarana Prasarana Pemuda dan Olahraga

BAB II
VISI DAN MISI


VISI

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, kemana dan bagaimana instansi pemerintah harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antipatif, inovatif serta produktif. Visi tidak lain adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh setiap Instansi Pemerintah.

Dengan mengacu pada batasan hal tersebut maka Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak memiliki suatu Visi yang dapat dijabarkan sebagai berikut, yaitu : “ Terwujudnya Kabupaten Siak sebagai pusat kebudayaan Melayu di Propinsi Riau yang didukung oleh pengembangan sektor pariwisata sebagai sektor andalan pembangunan daerah, pengembangan Seni Budaya Pemuda dan Olahraga yang berbasis Kerakyatan dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis dan Sejahtera pada tahun 2020 “


MISI
Guna mewujudkan dan merealisasikan Visi tersebut maka Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Siak menetapkan Misi sebagai berikut :
  1. Menciptakan pariwisata sebagai sektor andalan yang didukung pelestarian Seni Budaya dalam pembangunan daerah;
  2. Menciptakan peran pemuda yang profesional dalam pembangunan daerah;
  3. Memasyarakatkan olahraga dan megolahragakan masyarakat;
  4. Peningkatan pembinaan dan pengembangan pemuda sebagai potensi sumber daya manusia yang produktif;
  5. Peningkatan dan diversifikasi produk wisata daera
  6. Meningkatkan koordinasi lintas sektoral dalam rangka peningkatan infrastruktur dan aksebilitas guna mendukung pengembangan Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga daerah;
  7. Mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDA ) yang profesional di biang kepariwisataan, Seni Budaya, Pemuda dan Olahraga daerah;
  8. Pengembangan budaya lokal dan menangkal akses budaya asing yang negatif melalui revitalisasi dan apresiasi kebudayaan;
  9. Penggalakan promosi pariwisata daerah;
  10. Penggalian dan pengembangan potensi dan kebudayaan daerah.