Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Siak

BPKP: Komisaris BUMD Bertanggung Jawab Atas Maju Pailitnya Perusahaan
Dipublikasi pada: 14 Mei 2014
Pemerintah Kabupaten Siak menggelar workshop penerapan pengembangan dan pengelolaan dalam menghdapi resiko yang muncul bagi kelangsungan BUMD dan anak perusahaan milik Daerah, BPKP Provinsi Riau Panijo mengatakan tentunya tema ini sangat relavan dengan kondisi seperti sekarang ini, berbagai resiko yang muncul terjadi pada BUMD dan anak perusahaan mau tidak mau harus dicegah sejak dini.

 

“Apalagi perusahaan milik Daerah serta anak perusahaan adalah untuk menopang sumber pendapatan asli Daerah melalui nilai tambah dari nilai saham yang ada. Maka dari itu biasanya resiko yang sering muncul adalah ketika dalam mengelola perusahan Daerah menyangkut keuangan dan diharapakan tolak ukur workshop penerapan pengelolaan resiko harus dicegah dengan melakukan monitoring secara rutin terhadap manejemen perusahaan itu sendiri. Terutama peran komisaris sebagai wakilnya pemegang saham yang jadi penentu berhasil tidaknya perusahaan itu sendiri," tutur Panijo.


 

“Oleh sebab itu, setiap komisaris perusahaan harus bertanggung jawab terhadap kemajuan setiap perusahaan, setiap perusahaan harus tahu semua perkembangan perusahaan, selama ini ada komisaris tidak tahu perkembangan perusahaan di harapkan kedepan hal ini tidak terjadi lagi nantinya," ujarnya.


 

Sementara itu Kepala Bagian Administrasi perekonomian Drs H Muhamad Arifin M,Si mengatakan kegiatan workshop yang dilaksanakan terhadap 5 BUMD dan 5 anak perusahaan ini sebagai langkah ketika mengatasi berbagai persoalan terkait resiko yang bakal muncul dalam menggelola BUMD dengan demikian sudah ada jurus untuk mengatasinya.

 

Apalagi setiap BUMD dan anak perusahan sangat diperlukan manejemen dan sumberdaya manusia dalam mendukung untuk memajukan roda perusahaan atau anak perusahaan yang dimiliki oleh Daerah.

 

 

Sumber siaksatu.com, Selasa 13 Mei 2014

Komentar

Nama Anda:
Komentar:
Security Image
Masukkan kode yang Anda lihat dalam gambar (CAPTCHA).
Klik pada gambar untuk refresh.