Kabupaten Siak Harumkan Bumi Melayu Riau Sebagai Kabupaten Sehat

Kabupaten Siak Harumkan Bumi Melayu Riau Sebagai Kabupaten Sehat

Kabupaten Siak Harumkan Bumi Melayu Riau Sebagai Kabupaten Sehat

No Comments on Kabupaten Siak Harumkan Bumi Melayu Riau Sebagai Kabupaten Sehat

Kabupaten Siak kembali menoreh catatan mengharumkan bagi Bumi Melayu Riau, di Provinsi Riau hanya negeri istana yang diverifikasi sebagai kabupaten sehat yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat 2017.

“Kabupaten Siak sebagai satu-satunya kabupaten yang akan diverifikasi di Provinsi Riau,” kata Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat, Yan Prana Jaya, berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri nomor 440/3821/SJ tentang Kunjungan Lapangan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KSS) Tingkat Pusat Tahun 2017.

“Adapun yang menjadi tatanan kabupaten sehat di Kabupaten Siak untuk taraf pemantapan, yakni kawasan pemukiman, sarana dan prasarana serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dengan cakupan di delapan kecamatan,” ucap Yan dalam sambutannya pada temu ramah tim verifikasi di Gedung Tengku Mahratu, Selasa (26/9/17) malam.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si, sebagai kota wisata Kabupaten Siak tidak hanya memperhatikan kesehatan masyarakatnya namun juga peduli dengan kesehatan wisatawan sehingga dibuatlah Perda Wisata Halal.

Untuk penyelengara kabupaten/kota sehat di Kabupaten Siak ucap Wabup Siak, ada surat Keputusan Bupati Siak Nomor 324/HK/KPTS/2017 tentang pembentukan tim pembina kabupaten sehat Kabupaten Siak tahun 2017-2019.

“Tak hanya kesehatan masyarakat yang kita pedulikan sehingga ada Jamkesda, namun di Siak juga memelihara hutan sehat,” ungkap Wabup Siak.

Wabup Siak menyampaikan bahwa penyelengaraan kabupaten sehat di Kabupaten Siak juga merupakan penyelarasan kebutuhan masyarakat sesuai dengan arah dan kebijakan pembangunan daerah serta memberdayakan masyarakat untuk mewujudkan kabupaten/kota sehat.

“Ini semua diakomodir dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah baik dalam RPJMD Kabupaten Siak 2016-2021 maupun dalam rencana strategis pada masing-masing OPD,” kata Wabup Siak.

Tim verifikasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Muhammad Rudin dan dari Kementeri Kesehatan, Widia Astuti, dalam sambutannya senada mengatakan, setelah mereka turun langsung ke lapangan menilai Kabupaten Siak sangat layak menjadi kabupaten sehat tingkat pusat 2017. Kedua tim dari dua kementerian itu lebih banyak bercerita tentang keagungan Siak, baik dari segi keindahan, kesejukan, hingga keramah tamahan orang Siak.

Sumber : Humas Kab. Siak, 28 September 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top