Kadis Pertanian Ajak Masyarakat Budidayakan Tanaman Holtikultura

Kadis Pertanian Ajak Masyarakat Budidayakan Tanaman Holtikultura

Kadis Pertanian Ajak Masyarakat Budidayakan Tanaman Holtikultura

No Comments on Kadis Pertanian Ajak Masyarakat Budidayakan Tanaman Holtikultura

Dalam rangka mendongkrak sektor ekonomi untuk menambah penghasilan masyarakat, tidak bisa hanya mengandalkan komoditi yang sudah ada. Harus ada celah lain yang bisa dilakukan di lapangan. Seperti halnya dengan sektor pertanian.

Di Kecamatan Bunga Raya misalnya, saat ini tidak lagi terfokus pada hasil padi, akan tetapi masyarakatnya sudah pula mengembangkan tanaman holtikultura seperti Cabai dan Bawang.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Kabupaten Siak, Ir Hj Robiati MP saat panen raya Bawang dan studi banding dan penyuluhan Kampung Jaya Pura, Kecamatan Bunga Raya, Kamis (6/10).

“Kita mengajak masyarakat petani di seluruh kecamatan di Siak ini untuk membudidayakan tanaman hortikultura. Apalagi dengan dampak kondisi ekonomi sekarang membuat kita semua harus lebih jeli ‘memanen’ uang untuk memenuhi ekonomi keluarga,” ujarnya .

Sebenarnya, kata Robiati, untuk mengimbangi sektor keuangan keluarga tersebut, sektor pertanian sangat pas dilakukan. Terutama bagi petani padi yang sudah pasti ada hasilnya jika panen. Melihat prospek lahan, sebenarnya masyarakat petani padi juga bisa memanfaatkannya dengan pengaturan jenis tanaman holtikultura.

“Maka dari itu, kepada petani yang ingin melakukan tanaman muda harus dapat mengaturkan jenis tanaman secara bergantian, sehingga jika ini bisa dilakukan secara baik pengaturannya, maka sangat diyakini tingkat ekonomi Insya Allah akan terdongkrak,” pungkasnya.

 

Sumber riauaktual.com, Kamis 06 Oktober 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top