Kartu KIP Kini Bisa Dibuat di Sekolah

Kartu KIP Kini Bisa Dibuat di Sekolah

Kartu KIP Kini Bisa Dibuat di Sekolah

No Comments on Kartu KIP Kini Bisa Dibuat di Sekolah

Kabar gembira bagi siswa yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), pasalnya kini sekolah diberi hak untuk mengajukan KIP yang menjadi program khusus sekolah. Dengan memegang KIP , siswa yang kurang mampu akan mendapatkan bantuan tiap semesternya.

“Tahun ini kita baru diberikan hak untuk mengajukan KIP, teruntuk orang tua yang menyekolahkan anaknya bagi yang belum memiliki atau belum mendapat KIP,” sebut Kepala Sekolah SMP N 1 Siak Arnizah melalui operator data pokok pendidikan, Wedi di ruang kerjanya kamis, (25/8/2016)

Jika sebelumnya KIP ini diurus dan dibuat melalui Kantor Desa, kini orang tua wali bisa langsung ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya.

Adapun syarat yang harus dibawa orang tua wali ialah surat keterangan tidak mampu dari kantor desa setempat. “Jadi syaratnya orang tua hanya membawa surat keterangan tidak mampu dari Kantor Desa, lalu dibawa ke sekolah, dan ini langsung kita ajukan,”jelasnya.

Sementara itu, bagi murid yang belum mencairkan bantuan KIP di bulan Agustus, nantinya bantuan akan dicairkan kembali di bulan September.

“Ditahap kedua, bulan September nanti baru bisa dicairkan untuk siswa yang belum mencairkan di bulan Agustus ini,”sebutnya.

Sampai saat ini, terdata sebanyak 400 siswa SMP N 1 Siak yang telah memiliki KIP.

“Untuk di SMP N 1 sendiri ada sekitar 10 orang lebih yang belum dapat mencairkan dana itu, dan ini nantinya dibulan September, dan siswa atau orang tua bisa langsung ke Bank untuk mencairkan,” kata Wedi.

Terkait bantuan yang belum cair, pihak sekolah akan mengirimkan data dan menunggu virtual akun dari Dinas Pendidikan untuk dapat mencairkan bantuan tersebut langsung ke Bank.

“Kita sedang kirim data murid yang belum mencairkan ke Dinas Pendidikan, dan nantinya dinas pendidikan akan mengirim virtual akun untuk bisa dicairkan ke Bank,”tutupnya.

 

Sumber bertuahpos.com, Jumat 26 Agustus 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top