Kata Pakar, Alpukat Bisa Jadi Menu MPASI Pertama yang Baik Bagi Bayi

Kata Pakar, Alpukat Bisa Jadi Menu MPASI Pertama yang Baik Bagi Bayi

Kata Pakar, Alpukat Bisa Jadi Menu MPASI Pertama yang Baik Bagi Bayi

No Comments on Kata Pakar, Alpukat Bisa Jadi Menu MPASI Pertama yang Baik Bagi Bayi

Mulai masuk usia 6 bulan, bayi biasanya mulai diperkenalkan dengan makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI). Menghadapi momen ini, masih banyak orang tua yang bingung memilih menu MPASI untuk buah hatinya.

Salah satu asupan yang bisa dijadikan pilihan orang tua adalah buah alpukat. Buah ini memiliki rasa netral, konsistensi lembut dan kepadatan nutrisi, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Seperti dikutip dari jurnal Nutrients, makanan padat pertama yang ideal untuk bayi haruslah memiliki rasa netral alias tak terlalu manis atau asin. Ini untuk menghindari bayi menjadi terlalu memilih makanan.

Dalam jurnal tersebut, tim peneliti menyebutkan bahwa alpukat adalah buah yang unik dan tepat untuk diberikan pada bayi. Alpukat memiliki sumber kalori yang ideal untuk memenuhi kebutuhan energi bayi.

“Sangat penting bahwa bayi mengalami berbagai macam paparan rasa, tekstur, warna dan kombinasi, dalam makanan pertama mereka. Ini bisa didapat dari alpukat,” ujar salah seorang peneliti yang terlibat, Robert Murray, dari Ohio State University, Amerika Serikat.

Alpukat diketahui mengandung kurang dari 1 gram gula per porsi (0,09 gram). Jumlah ini merupakan yang paling sedikit dibandingkan dengan buah segar lainnya.

Buah ini juga memiliki tekstur yang lembut dan halus, sehingga dapat membantu bayi mengembangkan kemampuannya untuk mengunyah dan menelan.

“Alpukat memiliki kandungan penting lainnya seperti folat, vitamin E, dan lutein. Memberikan buah ini secara signifikan meningkatkan penyerapan vitamin larut lemak dari makanan yang dimakan,” imbuh Murray.

 

Sumber : detik.com, 27 Juli 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top