Keinginan Pemkab Siak Kembangkan Pariwisata Harus Didukung

Keinginan Pemkab Siak Kembangkan Pariwisata Harus Didukung

Keinginan Pemkab Siak Kembangkan Pariwisata Harus Didukung

No Comments on Keinginan Pemkab Siak Kembangkan Pariwisata Harus Didukung

KEMENTERIAN Pariwisata Republik Indonesia (RI) berkomitmen mendukung kegiatan Pemerintah Kabupaten Siak dalam mengembangkan pariwisata. Apalagi, helat Tour de Siak.

Hal tersebut dikatakan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara, Kementerian Pariwisata RI, Eshty Reko Astuti, saat menggelar jumpa pers bersama puluhan wartawan di Gedung Sapta Pesona Jakarta pada tanggal 13 Oktober 2016 lalu.

Dia menilai bahwa Tour de Siak (TdS) mempunyai keunikan dan tantangan tersendiri. Terlebih lagi, kesungguhan Pemerintah Kabupaten Siak dalam mengembangkan produk wisata yang patut didukung untuk dikembangkan.

“Kita akan membantu promosikan pariwisata di Kabupaten Siak, biar menarik wisatawan asal Malaysia dan Singapura. Ini sesuai dengan target kunjungan 12 juta kunjungan mancanegara Kementerian Pariwisata 2016,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Siak Syamsuar, mengatakan, pelaksanaan TdS tahun 2016 hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya dengan melintasi jalan-jalan yang berada di Kabupaten Siak.

Namun, untuk tahun-tahun berikutnya kata Bupati, pelaksanaan TdS tidak lagi di seputaran Kabupaten Siak, tapi Kabupaten tetangga. “Insyaallah tahun depan kita coba tingkatkan sampai ke Kabupaten dan Kota lainnya. Bahkan rencana bapak Gubernur, lintasan balap akan diperpanjang hingga Melaka,” katanya.

Membanggakan
Sebelum dibukanya Tour de Siak 2016, dilaksanakan parade atlit dan fun bike pada pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan yang dikemas dengan parade gasing dan parade seribu kompang, Selasa (18/10/2016).

Bahkan pada acara pembukaan itu, para pelaku pelajar se-Kabupaten Siak mampu menorehkan pencapaian prestasi rekor Indonesia, sesuai dengan penilaian Direktur Museum Rekor Indonesia Awan Raharjo. “Tim museum rekor Indonesia menjadi saksi sekaligus mencatat perhelatan ini sangat membanggakan,” katanya.

Ini merupakan peristiwa superlatif yang pertama kalinya kata Awan Raharjo yang pagelarkan oleh pelajar sebanyak 2.676 orang. Oleh karenanya, ini pencapaian prestasi karya dan karsa anak bangsa yang patut kita dukung penuh dan kita apresiasi.

Geliat Ekonomi Masyarakat
Pada kesempatan itu, Bupati mengatakan, upaya mengemas even ini agar menjadi lebih baik, serta lebih semarak dengan nuansa budaya Melayu terus kita lakukan.

Dalam empat tahun terakhir, berbagai dampak positif dirasakan masyarakat terkait pelaksanaan TdS ini. Misalnya, pertumbuhan ekonomi daerah telah menunjukkan geliat, terutama di sektor pariwisata. Kemudian, sejumlah UKM baru bermunculan seiring dilaksanakannya beberapa iven promosi Daerah.

Di sisi lain, infrastruktur jalan yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat di kawasan ini berkembang jauh lebih baik. Sebagaimana kita maklumi, ketersediaan infrastruktur jalan yang baik selalu berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

Magnet Pariwisata Riau
Tour de Siak tahun ini dibuka langsung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. “Dengan Tour de Siak ini menurut kami bukan hanya sekadar untuk kita berlomba di balap sepeda, tapi jadikan magnet pariwisata Provinsi Riau ini dari Kabupaten Siak ini,” kata Gubri waktu itu.

Dengan adanya Tour de Siak ini, tekah membawa nama Riau ke mancanegara dan nasional. Apalagi dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan Tour de Siak ini hingga ke luar negeri.

Sumber kapurnewa.com, Rabu 02 November 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top