Kemeriahan MTQ Tualang XIV, Sejajar Tingkat Kabupaten

Kemeriahan MTQ Tualang XIV,  Sejajar Tingkat Kabupaten

Kemeriahan MTQ Tualang XIV, Sejajar Tingkat Kabupaten

No Comments on Kemeriahan MTQ Tualang XIV, Sejajar Tingkat Kabupaten

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kampung Tualang ke-XIV tahun 2016 resmi ditutup, Selasa (23/02/2016) malam. Tampil sebagai juara umum MTQ yang berlangsung selama Empat hari itu perwakilan Rukun Kampung (RK) 04 dusun Merbau.

Diharapkan MTQ ini tidak hanya sekadar perlombaan, tetapi memberikan dampak positif bagi masyarakat, semakin mencintai dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Acara penutupan selain membacakan pemenang perlombaan, juga disuguhi tayangan video bagaimana kerjasama masyarakat dan pemerintah, mulai  persiapan hingga pelaksaan MTQ berjalan sukses.

Berakhirnya helat religius ditandai dengan pemukulan kompang oleh asisten III Setdakab Siak Jamaludin, didampingi Sekcam Tualang Hasanul Lufti, Kepala KUA Tualang, Penghulu Tualang, Kepala Bapekam Tualang, Anggota DPRD Siak Musar, serta tokoh masyarakat, alim ulama dan ribuan masyarakat sekitar.

“Kegiatan MTQ hendaknya bukan sekedar lomba, tapi kita harapan dampaknya memberikan motivasi bagi orang tua dan anak agar lebih giat membaca alquran di rumah, musholla dan masjid. Sehingga masyarakat  dimana-mana membaca Alquran,” pesan Jamaluddin.

Asisten Adminitrasi Umum itu juga memberikan apresiasi terhadap antusiasme elemen masyarakat Tualang, dalam melaksanakan MTQ. Hal ini menunjukkan bahwa  kehidupan beragama hidup dan berkembang di tengah masyarakat Kampung Tualang.

“Melihat dari tayangan video singkat pelaksanaan MTQ, masyarakat sangat antusias, termasuk yang hadir pada pembukaan dan penutupan. Ini menandakan bahwa kegiatan keagamaan kampung Tualang cukup berkembang baik dan mendapat tempat baik ditengah masyarakat,” sambungnya.

Ia juga mengatakan, pelaksaan MTQ ini sejalan dengan program pemkab Siak, dimana  terus mendorong umat Islam khususnya generasi muda semakin gemar membaca dan mengamalkan Alquran, sebagai pedoman hidup di dunia dan akhirat. Sejak tahun 2015 Bupati Siak mencanangkan maghrib mengaji di rumah, musholla, hingga masjid.

“Barangsiapa membaca alquran di bumi di akhirat diberikan cahaya padang mahsyar. Dimana di saat umat penuh kegelapan, si pembaca Alquran akan diberikan cahaya terang benderang. Tidak itu saja orang tua juga dapat cahaya dan mahkota di akhirat nanti,” lanjut Jamaluddin, mengutip hadits Rasulullah SAW.

MTQ yang dilaksanakan mulai dari tingkat kampung, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional, selain bertujuan mensyiarkan agama Islam, juga melihat sejauh mana pembinaan Alquran, khususnya kepada generasi penerus yang akan melanjutkan estapet pembangunan ke depan.

“Hasil MTQ yang ditampilkan anak-anak tadi sangat menggembirakan, bacaan bagus, tidak seperti MTQ tingkat kampung lagi, bahkan sudah hampir sama dengan MTQ tingkat kabupaten,” puji Jamaluddin,  setelah mendengarkan lantunan ayat suci Alquran oleh salah seorang qori terbaik MTQ Tualang tahun ini.

Sementara itu, penghulu Tualang Jufrianto merasa terharu dan bangga terhadap animo masyarakat yang telah menyukseskan MTQ Kampung Tualang. Menurutnya, tanpa kerjasama semua pihak mustahil pelaksanaan MTQ bisa berjalan dengan sukses.

“Dan kepada qori pemenang jangan terlalu hiforia, jadikan ini sebagai cambuk meningkatkan prestasi. Sementara bagi yang belum juara, jadikan sebagai ajang evalusi meningkatkan kemampuan membaca Alquran, sehingga ajang tahun depan bisa meraih prestasi,” harap Juprianto.

Sumber infosiak.com, Rabu 24 Februari 2016

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top