Kominfo Dorong Edukasi Lewat Internet

Kominfo Dorong Edukasi Lewat Internet

Kominfo Dorong Edukasi Lewat Internet

No Comments on Kominfo Dorong Edukasi Lewat Internet

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong penggunaan internet untuk pendidikan. Plt. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Mariam Barata mengajak pemenang Olimpiade Online Nasional 2016 memanfaatkan internet secara sehat dan positif. “Dengan berbagai macam pelajaran, Adik-adik bisa menciptakan sesuatu melalui pemanfaatan teknologi informatika sehingga lebih kreatif dan produktif,” katanya saat menerima kunjungan 60 orang pemenang lomba di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (30/05/2016).

Menurut Mariam Barata, Kementerian Kominfo terus menyosialisasikan internet sehat, baik itu melalui ICT Watch, Internet Sehat dan Aman, Program Internet Baik, Aplikasi Database Agen Perubahan Informatika, Buku Internet Cerdas Kreatif dan Produktif (INCAKAP) dan Buku Cakap Bermedia Sosial.
Ia juga menjelaskan mengenai Program Whitelist Nusantara. “Saat ini kita mencoba program Whitelist Nusantara yang isinya tentang aplikasi yang akan di-instal di (komputer) sekolah-sekolah mulai tahun ini”,” jelasnya seraya menambahkan daftar itu akan terus diperbanyak untuk kepentingan pendidikan.
Direktur Orbit Digital Andy Zaky mengatakan internet mempunyai dampak positif dan negatif. Menurutnya Olimpiade Online Nasional 2016 bertujuan memanfaatkan internet secara positif dengan salah satunya melalui pendidikan. “Semangatnya tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga untuk nasional,” katanya.
Andy Zaky berharap kepada pemenang Olimpiade Online Nasional 2016 menjadi pengembang aplikasi yang produktif. “Ke depannya kesempatan teman-teman buat jadi pengembang untuk membuat internet produktif,” tuturnya seraya berharap agar Kementerian Kominfo terus mendorong edukasi melalui penggunaan internet.
Olimpiade Online Nasional 2016 digelar oleh Orbit Digital, transformasi dari Majalah Orbit yang didirikan Almarhumah Ibu Hasri Ainun Habibie, “Ini merupakan media pendidikan IPTEK untuk anak Indonesia generasi digital,” jelas Andy.
Ia mengatakan Orbit Digital sudah tiga tahun beroperasi dan sekarang mempunyai 1440 sekolah peserta, mulai dari SD sampai SMA yang tersebar di provinsi seluruh Indonesia. “Orbit Digital akan melanjutkan programnya dan bekerja sama dengan sekolah-sekolah,” ujar Andy Zaky.

Sumber kominfo.go.id, Senin 30 Mei 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top