Koramil 03/ Siak Nobar Film G 30 S/PKI

Koramil 03/ Siak Nobar Film G 30 S/PKI

Koramil 03/ Siak Nobar Film G 30 S/PKI

No Comments on Koramil 03/ Siak Nobar Film G 30 S/PKI

Sebanyak 450 peserta didik melaksanakan kegiatan nonton bareng (nobar) Film Gerakan 30 September PKI, Senin (25/09/17) siang, di aula SMK Negeri 1 Mempura, Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak. Terlihat antusiasme peserta didik dan rasa haru dari seluruh siswa yang sedang menonton film tersebut.

Danramil 03/ Siak Mayor Kav. Suharman menyampaikan pemutaran film G-30S/PKI tersebut dilaksanakan sesuai dengan perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dimana semua Satuan Teritorial Korem, Kodim hingga Koramil melaksanakan nobar tersebut.

“Kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dikalangan masyarakat, khususnya para generasi muda, karena generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Hal ini sangat diperlukan sebagai langkah antisipasi jangan sampai peristiwa kelam semacam itu kembali terjadi,” jelas Suharman.

Dirinya berharap, dengan pemutaran film pengkhianatan G 30 S PKI itu semoga dapat mengingkatkan kembali kepada siswa akan sejarah kelam bangsa Indonesia khususnya generasi muda akan sejarah kelam itu yang pernah terjadi di negara kita, melalui nobar tersebut.

Terkait dengan hal itu, Kepala SMK Negeri 1 Mempura Sudarwanto menyampaikan, bahwa Pemutaran Film G 30 S/PKI ini sangat bagus dilakukan sebagai pembelajaran dan sekaligus mengingatkan kembali tentang sejarah betapa kejamnya pemberontakan G 30 S PKI pada Tahun 1965.

“Melalui kesempatan ini kami berterima kasih kepada jajaran TNI khususnya Koramil 03/Siak yang telah menjadi dan memfasilitasi serta berinisiatif dengan diadakan pemutaran film PKI ini sehingga kita mengerti tentang apa yang dinamakan pemberontakan G 30 S PKI,” ujarnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kampung Benteng Hulu Abdul Rauf mengucapkan terimakasih kepada siswa dan siswi atas kehadiranya untuk Nobar Film G 30 S/PKI ini. Peristiwa ini terjadi pada Tahun 1965 sehingga dengan diputar film ini dapat mengingatkan kembali kita semua terutama generasi muda bahwa betapa kejam Partai Komunis Indonesia saat melakukan pemberontakan pada tahun 1965 yang telah menculik dan membunuh dengan keji perwira terbaik TNI, 7 orang Jendral.

Ia berharap para peserta didik dapat menyimpulkan dan memahami dengan sebaik-baiknya dan bisa kita ambil hikmahnya. Harapannya dengan pemutaran film ini akan menambah persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tidak mudah dihasut dan dipecah belah.

Tampak hadir Kepala UPTD Disdik Kecamatan Mempura, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Mempura, Majelis guru dan staf tata usaha SMK Negeri Mempura, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Tokoh agama, jajaran Koramil 03/Siak, dan Penghulu Kampung Benteng Hulu.

Ditempat terpisah nobar film yang sama juga dilakukan di SMA Negeri 1 Sialang Sakti Kecamatan Dayun. Tidak kurang dari 421 siswa turut hadir meramaikan acara nobar tersebut.

Sumber : Humas Kab. Siak, 26 September 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top