MAN IC Siapkan Calon Pemimpin Bangsa Miliki Wawasan Multi Kulturalisme

MAN IC Siapkan Calon Pemimpin Bangsa Miliki Wawasan Multi Kulturalisme

No Comments on MAN IC Siapkan Calon Pemimpin Bangsa Miliki Wawasan Multi Kulturalisme

Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia (IC) disiapkan tidak hanya sekedar mencetak calon pemimpin bangsa. Tetapi lebih dari itu, sekolah Islam bertarap nasional diproyeksikan menghasilan pemimpin yang memiliki wawasan kebangsaan multi kulturalime.

“Interaksi maksimal selama tiga tahun berada di Aliyah sudah langsung memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara. Mereka berasal dari berbagai macam etnis budaya, sehingga berbagai macam multi kultularisme sudah terbangun,” ujar Direktur Jenderal Madrasyah Pendidikan Islam (Pendis)  Prof.DR.Nur Kholis Setiawan saat berkunjung di MAN IC Siak di Perawang beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, MAN IC diproyeksikan berdiri bukan didominasi anak daerah, tetapi peserta didik berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

“MAN IC Siak disiapkan memiliki wawasan multi kultural. Karena mereka adalah calon-calon pemimpinan bangsa. Jadi, tidak boleh orang Riau hanya di Riau,” tambah dia.

Dia mengakui, kebijakan tersebut belum bisa sepenuhnya diterapkan terutama di sekolah baru berdiri. Karena, masih perlu pembenahan, terutama menimbulkan kepercayaan masyarakat.

Sedangkan, bagi MAN IC yang sudah lama berdiri Serpong, Jambi dan Gorontalo kebijakan sudah diterapkan.

“Misalnya, di Gorontalo itu bukan hanya anak-anak Gorontalo itu sendiri, tetapi dari Indonesia Timur, dari Jawa juga banyak di sana. Demikian juga Serpong, anak-anak Papua juga banyak di Serpong,” jelasnya.

“Karena kita tukar, mereka lulus IC, kemudian kita lihat asalnya kita tukar. Agar mereka berinteraksi maksimal sekaligus mereka memiliki wawasan kebangsaan yang multi kultural,” tandasnya.

Sumber kapurnews.com,  Minggu 28 Juni 2015

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Top