Masyarakat Diminta Tidak Takut Lapor Pelaku Karlahut

Masyarakat Diminta Tidak Takut Lapor Pelaku Karlahut

Masyarakat Diminta Tidak Takut Lapor Pelaku Karlahut

No Comments on Masyarakat Diminta Tidak Takut Lapor Pelaku Karlahut

Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) yang terkadang terjadi di lapangan, mayoritas berawal dari faktor kesengajaan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Dan jika ditemukan ada yang sengaja melakukan pembakaran, warga diminta melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib. Hal ini disampaikan Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, pekan kemarin.

“Oleh sebab itu, upaya mencegah krlahut, saya mengajak masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan sekitar. Jangan takut, lapor ke aparat kalau ada ditemukan orang yang melakukan karlahut,” Ajak

Dengan kondisi cuaca panas seprti saat ini, bupati minta kepada masyarakat untuk hati-hati. Sebab musim kemarau sangat rentan terjadinya kebakaran lahan. Agar daerah ini terhindar dari terpaan api, sangat diperlukan kerja sama serta kesadaran dari semua pihak yang ada, terutama dari kalangan masyarakat,” ucapnya.

Apalagi di sejumlah daerah kecamatan di Kabupaten Siak sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan. Jadi peran serta masyarakat sangat diharapkan.

Kepada pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Siak juga diminta untuk berpartisipasi dalam mencegah Karlahut. “Mari kita bersama-sama menjaga dan mengamankan daerah ini, agar terhindar dari terpaan kebakaran,” tukasnya.

Dikatakan juga, kondisi cuaca yang cukup ektrim ini, dirinya telah mengintruksikan  kepada seluruh Camat untuk terus memantau perkembangan di wilayah kerja masing-masing. Termasuk penghulu kampung agar dapat terus mengingatkan warganya untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

“Sebab sanksi tegas akan menanti jika ditemukan warga yang membakar lahan. Saya mengucapkan terimakasih atas usaha dan kerja keras semua pihak di lapangan yang penuh dedikasi terus memantau dan ikut memadamkan titik api yang terjadi di lapangan,” pungkasnya.

 

Sumber riauaktual.com, Senin 29 Agustus 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top