Masyarakat Kampung Penyengat Sungai Apit Kabupaten Siak Dapat CD RAPP Bina Petani Nenas

Masyarakat Kampung Penyengat Sungai Apit Kabupaten Siak Dapat CD RAPP Bina Petani Nenas

Masyarakat Kampung Penyengat Sungai Apit Kabupaten Siak Dapat CD RAPP Bina Petani Nenas

No Comments on Masyarakat Kampung Penyengat Sungai Apit Kabupaten Siak Dapat CD RAPP Bina Petani Nenas

Sungai Apit – Direktur CD RAPP Marzum bersama Plt. Bupati Siak Drs. H.Alfedri, M.Si menandatangani Prasasti Kiosplus Kreatif Terpadu Nenas, Kamis (10/5/18) siang yang diperuntukkan untuk kelompok tani Bina Tani Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.

Melaksanakan pembangunan kemasyarakatan bukan hanya tugas pemerintah daerah. Keberadaan perusahaan-perusahaan yang berada di sekitar pemukiman masyarakat juga memiliki andil untuk bersama-sama membangun masyarakat dimana perusahaan beroperasi melalui program Community Development (CD).

Direktur CD PT RAPP Marzum mengatakan, kiosplus kreatif terpadu ini adalah pusat kegiatan kelompok tani Bina Tani kampung Penyengat. Melalui kiosplus kreatif ini diharapkan dapat mewadahi petani berdiskusi dan bertatap muka untuk membahas segala hal berkaitan dengan pertanian dan produktivitas pertaniannya.

Selain itu, keberadaan kiosplus ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat petani dalam mengolah hasil pertanian nenasnya sehingga produksi nenas bisa sampai ke hilir atau dapat meningkatkan kreativitas petani dalam membuat olahan-olahan pangan dari nenas dengan berbagai bentuk. Kestabilan harga jual nenas juga dapat dipantau dari seringnya para petani bertatap muka di kiosplus ini.

Pada awal pelaksanaan, bantuan ini hanya diberikan kepada 20 orang yang tergabung dalam 1 kelompok tani dengan lahan seluas 20 hektar. Kemudian secara swadaya mereka berhasil mengembangkan hingga menjadi 147 ha. Dan saat ini juga diberikan bantuan pupuk sebanyak 40 sak.

Plt. Bupati Siak Drs. H. AlfedrI, M.Si menyebutkan pembangunan kiosplus kreatif terpadu nenas ini adalah keberkahan bagi petani kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit, Siak. Ini merupakan kelanjutan dari panen raya nenas yang juga merupakan bantuan dari PT RAPP seluas147 hektar. Karena lahan nenas di kecamatan Sungai Apit semakin luas makan dibangunlah kiosplus ini.

Menurut Alfedri, menanam nenas akan jauh lebih untung dibandingkan menanam sawit, per satu hektar hasilnya bisa mencapai Rp 50 juta per masa panen (9 bulan). Sebagai kepala daerah, Plt. Bupati Siak menyampaikan terimakasih kepada PT RAPP atas bantuannya untuk masyarakat kabupaten Siak.

Sebelum penyerahan kiosplus kreatif tersebut, rombongan disambut dengan Tarian Gong Suku Akit (suku asli kampung Penyengat). Alfedri pun mengajak tamu undangan untuk menari bersama.

Publish by Diskominfo Siak/doliwtr*
Editor eq_medcen
Sumber Humas Pemkab Siak

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Top