Masyarakat Siak Diajak Sama-Sama Cegah AIDS

Masyarakat Siak Diajak Sama-Sama Cegah AIDS

Masyarakat Siak Diajak Sama-Sama Cegah AIDS

No Comments on Masyarakat Siak Diajak Sama-Sama Cegah AIDS

Memerangi VIRUS HIV tersebut harus menjadi tekad bersama, sebab tidak bisa di pungkiri bahwa setiap tahun jumlah orang yang terinfeksi HIV/AIDS terus bertambah, dan sekarang ini Kabupaten Siak menempati urutan ke 7 di Riau.

“Untuk itulah, langkah mencegahnya harus ada upaya kita bersama-sama bagaiman bisa menekan sampai serendah-rendahnya kasus HIV AIDS di Kabupaten Siak,” kata sekretaris Komite penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Siak, H Rozi Chandra, kemarin.

Dia mengatakan, mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati, karen itulah pihaknya rutin menggelar sosialisasi ditengah masyarakat terkait akan bahaya HIV/AIDS ini, dengan demikian masyarakat Siak diharapkan bisa lebih mengenai seperti apa HIv/AIDS tersebut, hingga dapat mencegahnya.

“Agar masyarakat tidak menjauhi atau memusuhi penderita HIV/AIDS, serta tetap ikut memberikan pengetahuan kepada sipenderita agar tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain,” tuturnya.

Dia juga memaparkan kepada Masyarakat bagaimana cara pencegahan, cara penanggulangan, cara penularan dan cara menghadapi ODHA atau orang sebut dengan HIV AIDS.

Semua Program dan Kegiatan dilaksanakan secara sinergi oleh seluruh SKPD yang ada d Kabupaten Siak. Semua sektor mempunyai perannya masing-masing, tanpa terkecuali. “Karena virus ini adalah musuh bersama, Ini bukan hanya peran Pemerintah saja tapi masyarakat juga harus ikut berperan,” ucapnya.

Karena konsistensinya usaha Pemerintah Kabupaten Siak tersebut, maka Kabupaten Siak telah ditetapkan oleh KPA Nasional sebagai percontohan penanggulangan HIV AIDS Nasional.

Sedangkan, galakan untuk melakukan tes HIV ini bertujuan untuk mengetahui status HIV sejak dini agar bisa menjaga kesehatan dan masa depan dengan lebih baik. Bila tahu status HIV sejak dini, baik hasilnya positif maupun negatif maka kesehatan dapat dijaga dengan perilaku sehat melalui memperbaiki pola makan, “pemakaian obat dan kebersihan,” pngkasnya.

Sumber riauaktual.com, Kamis 12 Mei 2016

 

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top