Menkes Ajak Anak Indonesia Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Menkes Ajak Anak Indonesia Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Menkes Ajak Anak Indonesia Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

No Comments on Menkes Ajak Anak Indonesia Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengajak anak-anak Indonesia selalu membiasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) untuk mencegah berbagai penyakit, sehingga tercipta kehidupan yang sehat.

“Cuci tangan pakai sabun harus dibiasakan sejak usia dini terutama kelompok usia sekolah, agar mereka benar-benar melakukan CTPS sebagai suatu gerakan masyarakat untuk menciptakan kehidupan yang sehat,” imbau Menkes pada Puncak Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di lapangan Parkir Timur Senayan, Minggu (18/10).

Menurutnya, CTPS adalah cara sederhana, mudah, murah dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, seperti diare, ISPA yang sering menjadi penyebab kematian pada anak, juga hepatitis dan flu burung.

“Diharapkan peran orangtua untuk mewujudkan kebiasaan CTPS serta mau dan mampu menjadi contoh bagi anak-anak dan keluarganya dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,”ujarnya.

Menkes juga mengingatkan perilaku mencuci tangan yang benar dengan sabun, yaitu sebelum menyiapkan makanan, setiap kali tangan kotor, setelah memegang uang, binatang, berkebun, setelah buang air besar, setelah menceboki bayi/anak, setelah menggunakan pestisida/insektisida dan sebelum menyusui bayi.

Para mitra juga diharapkan meningkatkan peran serta dalam menyediakan sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi serta tempat cuci tangan dalam jumlah yang memadai di sekolah, kantor, dan di rumah makan, menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan sehat, dengan membuat drainase dan mengelola sampah dengan baik dan benar, serta melakukan edukasi perilaku bersih dan sehat kepada masyarakat sekolah.

Hasil Riskesdas Tahun 2013, menunjukkan bahwa proporsi penduduk umur lebih dari 10 tahun yang berperilaku cuci tangan dengan benar di Indonesia meningkat dari 23,2 persen di 2007 menjadi 47,0 persen pada 2013.

Dalam Puncak Hari CTPS 2015, juga dilakukan tarian cuci tangan pakai sabun yang diikuti oleh sekitar 2000 pelajar Sekolah Dasar (SD) dan pemecahan rekor MURI puzzle raksasa bergambar logo Hari CTPS 2015 yang terbuat dari sabun batang.

Sumber infopublik.id, Senin 19 Oktober 2105

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Tingkatkan SDM dalam Daya Saing MEA

Next Article » Pembangunan Pokmas Lubuk Dalam 36 Unit

linked in share button

Leave a comment

Back to Top