Peduli HAM, Siak Raih Penghargaan Dari Menteri Yasonna.

Peduli HAM, Siak Raih Penghargaan Dari Menteri Yasonna.

Peduli HAM, Siak Raih Penghargaan Dari Menteri Yasonna.

No Comments on Peduli HAM, Siak Raih Penghargaan Dari Menteri Yasonna.

Bupati Siak Syamsuar, diundang Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (Dirjen HAM), untuk menghadiri dua acara sempena Peringatan Hari HAM se-Dunia ke 67 Tahun 2015 di Jakarta, Jumat (11/12/15). 

Pagi menjelang siang, Syamsuar hadir pada puncak peringatan hari HAM se-Dunia bersama Presiden Jokowi di Istana Negara di Jalan Merdeka Utara Jakarta Pusat. Acara ini ditaja oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bekerjasama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). 

Setelahnya, Syamsuar didaulat menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly. Reward ini diberikan, setelah Kabupaten Siak melewati penilaian sebagai salah satu daerah yang peduli terhadap penegakan nilai-nilai HAM sepanjang Tahun 2014 lalu.

Penghargaan bagi daerah ini sesuai dengan tema peringatan Tahun 2015, “Refleksi 70 Tahun Perjalanan Bangsa Dari Perspektif HAM, Menghadirkan Negara Untuk Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab” kata Syamsuar usai menerima penghargaan.

Lebih lanjut dijelaskan dia, Kementerian Hukum dan HAM melakukan penilaian atas 5 indikator utama seperti hak untuk hidup, hak mengembangkan diri, hak kesejahteraan, hak atas rasa aman dan hak perempuan. 

“5 indikator utama yang tertuang dalam 17 poin penilaian itu ternyata sudah ada dalam program pembangunan Kabupaten Siak, alhasil menurut penilaian kita masuk kategori peduli, dengan total nilai 78,82” jelasnya.

Sementara itu Menkumham Yasonna Laoli dalam sambutannya menyebutkan setiap tahun jumlah penerima penghargaan selalu meningkat, dua tahun lalu jumlah penerima penghargaan hanya 56 daerah tapi tahun ini meningkat menjadi 132 Kabupaten/Kota dan 27 Propinsi Se Indonesia.

Prosesi penyerahan penghargaan berlangsung di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan. Bersama Menteri Yasonna, hadir pula Ketua Komnas HAM RI, serta Sekretaris Menteri Hukum dan HAM bersama sejumlah tokoh penting nasional lainnya.

 Sumber Infokom dan RPK Kabupaten Siak, Jumat 11 Desember 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top