Meski dunia pendidikan di Pekanbarun sempat terganggu kabut asap beberapa bulan lalu, akan tetapi diperkirakan pelaksanaan Ujian Nasional akan tetap mengikuti jadwal yang telah ditetapkan secara nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Zulpadhil, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Disdik Provinsi Riau untuk sepakat tidak meminta dilakukan penundaan jadwal UN tahun ajaran 2015-2016.Dikatakannya, para pelajar di wilayah setempat mengalami libur panjang hampir tiga bulan akibat kabut asap.

Kondisi ini, diakuinya telah berakibat pada ketertinggalan mata pelajaran siswa disegala jenjang.Namun Zulfadil yakin, dengan sisa waktu yang ada saat ini hingga penyelenggaraan UN sekitar April tahun depan, para siswa masih bisa dipacu.

“Memang libur kabut asap kemarin itu jelas membuat materi pelajaran terganggu. Namun, kami sudah menyikapinya dengan melakukan penambahan jadwal les dan belajar,” tambahnya.

Zulpadil yakin siswa akan mampu mengikuti ujian dengan baik. Karena memang jenis soal yang di UN kan sudah seriang dipelajari dan dibahas pada latihan-latihan dan try out yang dilakukan pada setiap sekolah.