Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Keuangan oleh Bupati Siak

Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Keuangan oleh Bupati Siak

Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Keuangan oleh Bupati Siak

No Comments on Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Keuangan oleh Bupati Siak

Bupati Siak Drs H Syamsuar M.Si membuka Pelatihan Aparatur Pemerintah Kampung Dalam Bidang Pengelolaan Keuangan yang ditaja oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung,  di Hotel Winaria, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau, Senin (06/03/2017).

Syamsuar menegaskan, agar para peserta serius dan tanggap dalam mengikuti pelatihan agar nanti ilmunya bisa ditularkan dan diaplikasikan saat bekerja,”dengan adanya kegiatan ini kedepan nantinya diharapkan peserta bisa mengolah keuangan lebih baik lagi ditingkat kampung” ujar syamsuar.

Sementara itu Yanerius selaku perwakilan BPKP Provinsi menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk menambah pengetahuan terkait pengelolaan keuangan kampung. Selain itu untuk menertibkan administrasi kampung yang tertib, benar dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan yang telah diatur dalam  Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Terkait dengan pendapatan kampung, terdapat tambahan dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 yaitu selain dari seluruh jenis pendapatan yang tercantum dalam PERMENDAGRI Nomor 113 Tahun 2014, pendapatan kampung juga bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja  Negara (APBN) dan lain-lain pendapatan yang sah. Alokasi dari APBN bersumber dari Belanja Pusat dengan mengefektifkan program yang berbasis Desa secara merata dan berkeadilan.

Dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 juga menetapkan bahwa bagian hasil pajak dan retribusi daerah Kabupaten/ Kota paling sedikit sebesar 10 persen dari realisasi penerimaan diserahkan ke kampung, dimana dalam PERMENDAGRI alokasi sebesar 10 persen hanya diatur untuk hasil berupa pajak.

Dalam sambutannya, Abdul Razak selaku kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Siak mengatakan hal-hal tersebut tidak akan tercapai apabila tidak dibarengi dengan penguatan kapasitas, kesiapan dan kemampuan dari perangkat serta unsur masyarakat kampung. Jika kapasitas, kesiapan dan kemampuan dari perangkat dan unsur masyarakat kampung dikuatkan maka tujuan dari Otonomi Kampung secara umum dan tujuan dari desentralisasi fiskal secara khusus dapat tercapai dengan maksimal.

“Karena itu, pelatihan ini kita laksanakan agar aparatur kampung memperoleh wawasan dan pengetahuan yang diperlukan agar pengelolaan keuangan kampung tepat sasaran dan sesuai regulasi yang ada,” jelasnya.

Sumber Bagian Humas dan Protokol Siak, Senin 6 Maret 2017

 

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top