Pemkab Ikut Andil di Pekan Pusaka

Pemkab Ikut Andil di Pekan Pusaka

Pemkab Ikut Andil di Pekan Pusaka

No Comments on Pemkab Ikut Andil di Pekan Pusaka
Bupati Syamsuar mengemukakan betapa pentingnya dalam pelestarian produk kebudayaan. Hal ini dipandang perlu, karena produk tersebut sebagai aset yang berharga, juga memiliki nilai budaya yang menjadi kekayaan bangsa.  “Kita sudah memiliki aneka produk kebudayaan yang menjadi produk andalan kita,” kata Syamsuar didampingi Kadisdikbud Drs H Kadri Yafis MPd, di sela-sela mengikuti Rakornas Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) 2016 di aula Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Jakarta, Selasa (2/8). Dalam rakor tersebut dihadiri sejumlah kepala daerah yang termasuk ke dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).
Kata dia, produk kebudayaan ini nantinya didata dan dirangkum serta diikutsertakan dalam Expo Nusantara yang dicanangkan oleh Kemendagri.
“Jadi PPBI akan bersinergi dengan Expo Nusantara menjadi wadah bagi daerah untuk memamerkan produk budayanya,” sebut dia.
Hal ini jadi momen tersendiri bagi pemkab untuk menyampaikan dan mensosialisasikan aneka produk kebudayaan Melayu kepada masyarakat luas. Rakornas ini sebagai persiapan penyelenggaraan pekan produk budaya Indonesia, yang akan berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah 19-23 Oktober 2016 mendatang. Rencananya PPBI tersebut akan dibuka oleh Presiden RI.
PPBI ini menurut Syamsuar, merupakan program unggulan Kemenko PMK sebagai kelanjutan dari penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) yang bertujuan untuk mengangkat dan meningkatkan potensi produk budaya dari anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), sebagai tindak lanjut hasil Rakernas JKPI 2016.  Kabupaten Siak sebagai salah satu dari 58 kabupaten/kota anggota JKPI yang  turut diundang untuk ambil peduli sebagai daerah yang memiliki warisan budaya pada iven Pekan Pusaka pada Oktober mendatang tersebut.
‘Dalam rakor tersebut,  orang nomor satu di Siak ini memberikan masukan,  agar diinformasikan kepada kabupaten/kota terkait daerah mana saja yang akan tampil. ‘’Surat pemberitahuan dari panitia ini sangat penting bagi kami, agar kami bisa mempersiapkannya lebih baik,’’ pinta Syamsuar kepada pimpinan rapat.
Pada Pekan Produk Budaya Indonesia mendatang, akan menampilkan produk budaya seperti, kuliner, kesenian, permainan tradisional, obat tradisional, dan batik Siak.
 “Nanti setiap tahunnya, anggota JKPI  akan berkunjung ke setiap daerah yang tergabung dalam anggota,” sebut dia.
Pemkab sendiri terus berupaya untuk memasukkan komet sebagai salah satu warisan budaya internasional, selain itu bisa mempromosikan slogan Siak The Trully Malay. Pekan Budaya Indonesia 2016 mendatang akan diisi oleh pameran, konvensi, gelar seni dan budaya, dan launching penghargaan kota pusaka.
Sumber riaupos.co, Rabu 03 Agustus 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top