Pemkab Siak Gelar Rapat Koordinasi Rumuskan Ketahanan Pangan

Pemkab Siak Gelar Rapat Koordinasi Rumuskan Ketahanan Pangan

Pemkab Siak Gelar Rapat Koordinasi Rumuskan Ketahanan Pangan

No Comments on Pemkab Siak Gelar Rapat Koordinasi Rumuskan Ketahanan Pangan
Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki. Sehingga, terwujudnya pemenuhan pangan bagi setiap orang merupakan hal yang tidak bisa diabaikan.

Di sisi lain, pemenuhan pangan bagi setiap warga suatu bangsa telah menjadi tanggungjawab pemerintah, dimana dalam mewujudkannya diperlukan adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, dengan adanya kerjasama tersebut maka akan tercipta kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga dalam jumlah yang cukup dan aman untuk dikonsumsi.

Sehubungan hal tersebut, dan guna merumuskan kebijakan melalui masukan dari para pemangku ketahanan pangan yaitu dari unsur Dinas, Badan dan tokoh masyarakat serta unsur–unsur lain yang terkait dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Siak.

Berkenaan hal tersebut di atas, Badan Pelaksana Penyuluhan Ketahanan Pangan Kabupaten Siak selenggarakan Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan Tahun 2015, bertempat di ruang Sri Indrapura Kantor Bupati Siak yang dibuka langsung oleh Asisten Pembangunan dan Perekenomian Setda Kab. Siak H. Syafrilenti, Rabu (28/10/2015).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Riau Darmansyah, Ketua Pokja Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Kepala BPPKP Kab Siak Syahrial, Ketua KTNA Kabupaten Siak, para Kepala SKPD terkait, dan sejumlah Camat.

Dalam sambutannya Asisten Pembangunan dan Perekonomian H Syafrilenti, mengatakan, pembangunan ketahanan pangan memerlukan penanganan terintegrasi dan saling berinergi antar sektor dan subsektor dan antar wilayah. Oleh karena itu penyamaan persepsi dan penyatuan gerak langkah perlu dilakukan secara berkelanjutan.

Syafrilenti menyebutkan, melalui forum ini, pembangunan ketahanan pangan sudah menjadi komitmen dari pemerintah Kabupaten Siak yang menetapkan ketahanan pangan sebagai prioritas pembangunan nasional, ujarnya.

Sebagai tindak lanjut komitmen ini, Pemerintah Kabupaten Siak telah meletakkan pembangunan ketahanan pangan sebagai prioritas pembangunan daerah. Dalam Buku Kebijakan Umum Ketahanan Pangan (KUKP) 2010-2014, yang dikeluarkan Dewan Ketahanan Pangan Pusat, Presiden menyampaikan pesan bahwa ketahanan pangan merupakan isu yang penting bagi bangsa Indonesia dan menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional, jelasnya.

“Menilai rapat koordinasi ini sangat penting dan strategis sekali dalam rangka memantapkan pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Siak, khususnya sinergisitas pelaksanaan pembangunan ketahanan pangan di tingkat kabupaten dan kecamatan.Sebab upaya pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat merupakan tugas yang tidak ringan bagi pemerintah, apalagi persoalan ini menjadi hak dasar bagi individu dan masyarakat, tapi dengan kebersamaan, komitmen dan tekad yang kuat tentunya segala tantangan akan dapat diatasi,” pungkasnya.

Sumber kapurnews.com, Rabu 28 Oktober 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top