Pemkab Siap Sambut Ekspedisi Islam Nusantara

Pemkab Siap Sambut Ekspedisi Islam Nusantara

Pemkab Siap Sambut Ekspedisi Islam Nusantara

No Comments on Pemkab Siap Sambut Ekspedisi Islam Nusantara

Pemerintah Kabupaten Siak melakukan persiapan diri untuk menyambut kedatangan Tim Ekspedisi Islam Nusantara. Rombongan dari Pengurus Besar Nahdatul Ulama ini dijadwalkan akan hadir ke Kota Siak Sri Indrapura 7 Mei 2016 mendatang.

Persiapan dilakukan melalui rapat yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Fauzi Asni didampingi Kaban Kebangpol Siak Yurnalis, Rabu (13/4) di Siak Sri Indrapura Meeting Room.

Kedatangan tim ekspedisi ini merupakan rangkaian tour nusantara dilakukan selama dua bulan. PB NU akan menjelajah dari Aceh hingga Papua.

“Sesuai rencana Tim Ekspedisi Islam Nusantara akan melibatkan 30 orang dan dipimpin langsung oleh Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Imam Pituduh,” terang Fauzi Asni saat memimpin rapat.

Tujuan dari ekspedisi ini kata Fauzi, mirip dengan kegiatan kapsul waktu yang pernah melintasi Kabupaten Siak beberapa waktu lalu. Yakni, mengenang perjalanan sejarah yang ada di tiap-tiap daerah.

Untuk mencatat dan mendokumenkan hal penting di setiap daerah lintasan, rombongan akan melibatkan wartawan media cetak, online, televisi, serta fotografer dan tim penulis khusus untuk kepentingan penyusunan buku.

“Mereka ingin mengenang sejarah kebesaran peradaban Islam dimasa lalu, khususnya terkait Kerajaan Siak Sri Indrapura,” kata Fauzi Asni.

Sesuai agenda yang disampaikan ke Pemda Siak, Tim Ekspedisi ini akan melakukan coaching clinic, memberikan pencerahan pada masyarakat tentang paham radikal dan gerakan anti narkoba. Mereka melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Narkotika Nasional (BNN), yang mana kegiatan ini akan dipusatkan di SMAN 1 Siak.

Selain itu juga akan dilaksanakan Seminar Lintas Iman dan Lingkungan di Gedung Tengku Maharatu, dalam forum ini Bupati Siak Syamsuar diminta menjadi pembicara dipanelkan dengan narasumber dari Kementerian Agama, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Seperti halnya di beberapa daerah lain, tim ekspedisi akan melihat bagaimana nilai-nilai toleransi dan akulturasi agama dan kebudayaan membaur ditengah-tengah masyarakat, misalnyanya melalui spirit keislaman, kebhinnekaan dan solidaritas sosial, kesenian, tana busana dan tradisi lokal.

“Rencananya kita juga akan tampilkan kesenian tradisional Melayu Siak, misalnya tari persembahan selamat datang pada hari pertama kedatangan,” ungkap Fauzi Asni.

Kaban Kesbangpol Kabupaten Siak Yurnalis menambahkan, Kabupaten Siak terpilih menjadi 40 daerah yang akan dikunjungi tim ekspedisi PB NU itu, saat ini tim itu sudah mulai ekspedisi dan sudah berada di Kota Gresik Jawa Timur.

“Insya Allah tanggal 6 Mei nanti, mereka tiba di Pekanbaru dan langsung menuju Siak Sri Indrapura. Puncak kegiatan rencananya akan dilaksanakan tanggal 7 dan 8 Mei nanti,” kata Yusnalis.

 

Sumber riaumandiri.co, Kamis 14 April 2016

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Tahun Ini Siak Dapat Bantuan Sekolah teknologi pertanian

Next Article » Kasus DBD Ancam Warga

linked in share button

Leave a comment

Back to Top