Penghargaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Award 2014

Penghargaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Award 2014

Wakil Bupati Siak, H. Alfedri tampil sebagai narasumber dalam Dialog Nasional Pendidikan yang diselenggarakan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Dialog berlangsung di Auditorium Ahmad Sanusi UPI, Rabu (28/5) pagi. Kegiatan tersebut mengambil tema ‘Meningkatkan Potensi Unggulan Daerah Dalam Menyongsong Generasi Emas 2045’.

Dialog juga menghadirkan sejumlah bupati/walikota di Indonesia, yakni Bupati Kaimana, Provinsi Papua Barat, Walikota Tasik Malaya, Bupati Garut, Wakil Bupati Siak, Bupati Kaur dan Walikota Bandung. Acara tersebut dibuka langsung Rektor UPI Bandung, Prof. Dr. H. Sunaryo Karta Dinata.

Pada acara itu juga diserahkan penghargaan UPI Award 2014 kepada Bupati Siak yang diterima H. Alfedri dan diserahkan langsung Rektor UPI Bandung. Penghargaan juga diberikan kepada Walikota Bandung, Ridwal Kamil dan Bupati Kaimana. Penghargaan UPI Award 2014 dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan UPI kepada daerah yang telah menjadi mitra kerja dalam membangun pendidikan di daerah.

Kriteria utama yang dijadikan acuan pemberian penghargaan adalah telah memiliki durasi waktu kerjasama dengan UPI sekurang-kurangnya 5 tahun dan dilakukan secara berkelanjutan, mengembangkan program kerjasama bidang pendidikan secara variatif, mulai dari kebijakan sampai dengan penguatan kompetensi pendidik dan kependidikan serta memberikan manfaat bagi pengembangan pendidikan baik bagi daerah maupun bagi UPI.

Kabupaten Siak telah melakukan kerjasama dengan UPI sejak tahun 2004 dalam bentuk pendidikan mahasiswa melalui kelas kerjasama dan peningkatan kompetensi guru melalui magang dan pelatihan guru. Sebagai hasil capaian pembangunan, Kabupaten Siak tahun 2012 memiliki Indeks Pembangunan Manusia sebesar 77.27. Khusus untuk indikator bidang pendidikan sebagai penyokong IPM, Siak memiliki angka rata-rata lama sekolah penduduk usia 15 tahun ke atas sebesar 9.14. sementara itu angka melek huruf mencapai persentase sebesar 98.68 persen.

linked in share button

Leave a comment

Back to Top