Penutupan MTQ XII Tingkat Kecamatan Dayun

Penutupan MTQ XII Tingkat Kecamatan Dayun

Penutupan MTQ XII Tingkat Kecamatan Dayun

No Comments on Penutupan MTQ XII Tingkat Kecamatan Dayun

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si menutup helat syiar Islam di Kampung Sialang Sakti, MTQ XII tingkat Kecamatan Dayun, di halaman Masjid Baitul Taqwa. Bupati Siak mengaku senang bisa hadir berdua sekaligus dengan Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si, Minggu malam (9/4). Dalam acara turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak Drs. H. Muharom, Kadisdikbud Drs. H. Kadri Yafis, M.Pd, Sekcam Dayun Rizannaky SSTP, dan Penghulu se-Kecamatan Dayun.

Malam itu, Bupati Siak mengapresiasi kepada Kecamatan Dayun dalam percepatan peningkatan kualitas Qori dan Qoriahnya. Prestasi ini sangat luar biasa, kalau ada kemauan dan usaha, apa yang diinginkan oleh Pak Camat sebagai Juara Umum di tingkat Kabupaten bisa terwujud. Tahun-tahun sebelumnya Kecamatan Dayun berada diurutan 12, namun setelah kerja keras dari semua pihak terkait pada MTQ Kabupaten di Sungai Mandau tahun lalu, bisa melejit ke posisi 4 dari 14 Kecamatan.

Lebih lanjut mantan Camat Siak itu mengatakan, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah bagaimana kita berupaya mengaplikasikan ajaran yang terkandung di kitab suci Al-Qur’an ke dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah upaya mensyiarkan Al Qur’an disamping mencari yang terbaik untuk mewakili MTQ pada tingkat selanjutnya. Dengan syiar itu kita dituntut untuk mencintai Al Qur’an, dengan cara menghafal dan memahami isi kandungan Al Qur’an itu sendiri. Bupati Siak juga menyampaikan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Siak tahun ini usai Idul Fitri, akan dilangsungkan di Kecamatan Siak selaku tuan rumah. Pada acara tahunan itu akan ada penambahan cabang-cabang yang baru.

Selain itu  pihaknya telah mempersiapkan Piala Bupati untuk anak-anak pecinta Hadroh pada Festival Hadroh tingkat Kabupaten Siak yang waktunya bersamaan dengan MTQ. Sementara Camat Dayun I Wayan Wiratama menyampaikan, MTQ tingkat Kecamatan Dayun berlangsung selama tiga hari, diikuti 11 kampung se-Kecamatan Dayun, jumlah Kafilah sebayak 350 orang, sementara peserta pawai diikuti sebanyak 5000 orang.

Camat berharap, agar masyarakat lebih meningkatkan ibadahnya dan syiar agama melalui program yang telah di arahkan oleh Pemerintah Kabupaten Siak, seperti program maghrib mengaji, program kampung binaan keluarga sakinah, PDTA, dan Pondok Pesantren.

Pada malam penutupan tersebut, Mar’ah Zida Nafisah (11), putri pertama dari pasangan M. Sholeh (Guru Agama), Erna Marini (Guru Smp 1 Dayun), berhasil membawa pulang dua piala sekaligus. Juara pertama lomba cabang khotil naskah dan juara pertama cabang tartil putri. Mar sapaan akrabnya masih duduk di kelas 5 SD Negeri 17 Sialang Sakti. ”Dari kecil, Mar sudah kelihatan bakatnya, sejak dari kelas 1 SD sampai kelas 5 ia selalu mendapat rangking 1. Tahun lalu, putri kami ini dapat juara II, ini tahun kedua ia ikut MTQ. Prestasi ini tentu amat membanggakan kami selaku orang tuanya dan berharap Mar’ah bisa mewakili Kecamatan Dayun untuk tampil di tingkat Kabupaten,”ujar Ibunya.

Cabang yang dilombakan antara lain, Tilawah anak-anak hingga dewasa, Tartil, Qiroat  Sab’ah, Hifzil 1 juz hingga 20 juz, Cabang Khot Naskah, Khot Hasan Musaf, Khot Dekorasi, Khot Kontemporer, Syarhil, dan Fahmil. Termasuk Pawai Ta’ruf dan Stan Bazar, sebagai Juara Umum I diraih oleh Kampung Sialang Sakti, Juara II Kampung Berumbung Baru dan Kampung Pangkalan Makmur sebagai juara III.

 

Sumber : Humas Kab.Siak, 10 April 2017

 

 

 

linked in share button

Leave a comment

Back to Top