Peringatan Dini Bencana Akan Dikirim Lewat Handphone

Peringatan Dini Bencana Akan Dikirim Lewat Handphone

Peringatan Dini Bencana Akan Dikirim Lewat Handphone

No Comments on Peringatan Dini Bencana Akan Dikirim Lewat Handphone

Untuk lebih menyasar ke pribadi-pribadi masyarakat, peringatan dini bencana akan langsung disampaikan melalui fasilitas telepon selular. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  sedang berencana  membuat ‎program yang diharapkan sudah bisa dimanfaatkan  pada 2019.

Sekretaris Utama BNPB Doddy Ruswandi mengatakan, saat ini peringatan bencana hanya melalui informasi biasa. Misalnya, pemberitahuan melalui sirine atau pemberitahuan dari aparat desa setempat. Bila rencana ini terealisasi, nantinya  ‎peringatan dini bencana akan dipancarkan ke seluruh pengguna handphone dalam waktu satu sampai dua menit di daerah yang terdampak.

“Sekarang ini, orang  di desa-desa juga sudah  punya HP. Peringatan kita broadcast, supaya lebih cepat mereka tahu‎ jika terjadi bencana,” ujarnya  Selasa (21/6/2016). Pengembangan program ini ditarget terealisasi dalam jangka tiga tahun ke depan. Namun, BNPB akan membuat sistemnya pada tahun depan. Mereka akan bekerja sama dengan BMKG, BPPT Pusat, dan Kemenkominfo. Mereka juga sudah berkomunikasi dengan seluruh ‎jaringan seluler yang ada di Indonesia. “Mereka minta waktu untuk menyelesaikan struktur yang ada,” sebut Doddy. ‎

Ia  optimis  peringatan dini bencara  yang dipancarkan lewat handphone sangat efektif  meminimalisir korban bencana alam. “Kami yakin, dengan peringatan dini melalui telepon seluler, akan banyak dampaknya,” kata Doddy.

Sumber, Riaupos.co 22 Juni 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top