Petani Kampung Olak Tingkatkan Produktivitas Padi

Petani Kampung Olak Tingkatkan Produktivitas Padi

No Comments on Petani Kampung Olak Tingkatkan Produktivitas Padi

Petani padi Kampung Olak, Kecamatan Sungai Mandau, berhasil meningkatkan produktivitas hasil panennya. Panen kali ini sebanyak 2,5 ton per hektare, meningkat dibandingkan dengan hasil panen dua tahun terakhir sebanyak 1,5-2 ton per hektare dengan jenis IP 200 di atas lahan 12 hektare.

Panen padi ini diikuti Camat Sungai Mandau Irwan Kurniawan, Penghulu Kampung Olak Tamren dan PPL kampung. Penghulu Kampung Olak Tamren mengatakan, panen padi kali ini mengalami peningkatan. Diharapkan produktivitas hasil panen terus meningkat. ‘’Petani Olak telah panen padi dengan hasil panen 2,5 ton. Hasilnya meningkat dibandingkan sebelumnya,’’ ujar Tamren, Rabu (8/7).

Melihat prospek tanaman padi di Kampung Olak cukup bagus, petani mengusulkan penambahan lahan persawahan. Menurut Tamren, usulan penambahan lahan persawahan kepada pemerintah telah disampaikan. ‘’Saat ini kita hanya memiliki 12 hektare saja. Kita mengusulkan sebanyak 58 hektare, kemungkinan akan teralisasi 26 hektare,’’ jelas Tamren.

Namun untuk saat ini kendala yang dihadapi petani, jika Sungai Olak banjir, air akan meluap ke daratan dan mengenangi tanaman padi. Hal ini menjadi kendala bagi petani.

‘’Kita sudah menyampaikan dan tahun ini pemerintah akan melakukan normalisasi sungai, sehingga jika musim hujan air tidak meluap ke darat,’’ katanya. Dia berharap dengan adanya lahan persawahan bagi warga Kampung Olak, dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

Sumber riaupos.co, Kamis 09 Juni 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top