Petani Siak Kagumi Pupuk Majemuk Padi ‘Jokowi’

Petani Siak Kagumi Pupuk Majemuk Padi ‘Jokowi’

No Comments on Petani Siak Kagumi Pupuk Majemuk Padi ‘Jokowi’

Kelompok petani padi yang menjadi mitra ujicoba pupuk majemuk padi ‘Jokowi’ di Kecamatan Bunga Raya, Siak, kagum melihat khasiat dari penggunaan pupuk tersebut. Terlihat dari perbedaan mencolok dari pertumbuhan tanaman yang berbeda dengan tanaman padi yang tidak menggunakannya.

64086270891-temukan-pupuk-menjamuk“Kami kaget ternyata pupuk yang diujicobakan ini amat bagus untuk tanaman. Pertumbuhan padi kami jauh berbeda dengan yang lain,” kata Sukarso, petani Desa Bunga Raya saat acara pemantauan berkala ujicoba pupuk ‘Jokowi’, Rabu (1/7), kemarin.

Tim Panitia Ujicoba Pupuk Majemuk Padi Jokowi yang diketuai Purbo Kuncoro melakukan pemantauan tanaman padi ke tiga desa yang ikut dalam program ujicoba . Diantaranya,Desa Bunga Raya (200 hektar), Desa Kemuning Muda (200 hektar) dan Desa Buantan Lestari (100 hektar). Total lokasi ujicoba sebanyak 500 hektar melibatkan lebih dari 500 keluarga petani di kecamatan yang merupakan lumbung padi Kabupaten Siak. Launching pupuk telah dilakukan pada 15 Mei lalu di Desa Bunga Raya.

Sukarno, Ketua Gapoktan Bunga Raya menjelaskan, daun padi para anggotanya lebih hijau dan mengkilat. Selain itu, daun menjadi tegak lurus dan kokoh serta warna hijau daun tahan lama.

Jumlah anakan padi banyak, serta tanaman menjadi lebih tahan akan hama.
“Tanaman padi saya pun jadi lebih sehat. Daunnya jadi tahan hama. Coba lihatlah ini, daunnya segar dan begitu hijau,” kata Rohib, petani Desa Bunga Raya lainnya.

Tenaga Penyuluh Pertanian Desa Bunga Raya, Nasir Rosidi mengakui keunggulan tanaman padi yang menggunakan pupuk majemuk padi ‘Jokowi’ tersebut.

“Para petani yang menjadi mitra ujicoba pupuk ini semuanya puas. Pantauan kita, tanaman tumbuh sehat dan hijau. Anakan padinya menjadi lebih banyak,” kata Nasir.

Kepala Desa Bunga Raya yang ikut dalam pemantauan langsung tanaman tersebut, Dulkodir ikut takjub melihat perkembangan tanaman padi.

“Saya pun ikut senang melihat tanaman padi warga tumbuh sehat. Mudah-mudahan, nantinya hasil panen padi warga meningkat,” kata Dulkodir.

Purbo Kuncoro menambahkan, penggunaan pupuk itu memang ditujukan untuk meningkatkan produksi padi para petani. Hal tersebut, seiring dengan program pemerintah yang ingin mewujudkan kedaulatan pangan. Pupuk itu juga merupakan hasil riset dari relawan Jokowi yang menamakan dirinya Jejaring Masyarakat Riau (Jemari).

Tim Ujicoba akan terus melakukan pemantauan kondisi tanaman. Ia yakin, jika tidak terjadi serangan wabah hama dan penyakit, produksi padi bisa meningkat sampai 40 persen.
“Target kami memang produksi bisa meningkat 40 persen. Ini menjadi kebahagiaan bagi petani kita,” jelas Purbo.

sumber riaumandiri.co, Jumat 03 Juli 2015

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Safari Ramadhan di Kecamatan Tualang

Next Article » Bupati Nonton Bareng Siswa dan Guru se-Siak

linked in share button

Leave a comment

Back to Top