Petani Sungai Mandau Dapat Bansos dari Kementan RI

Petani Sungai Mandau Dapat Bansos dari Kementan RI

Petani Sungai Mandau Dapat Bansos dari Kementan RI

No Comments on Petani Sungai Mandau Dapat Bansos dari Kementan RI

Kementerian Pertanian RI menyalurkan bantuan sosial kepada puluhan kelompok tani di Kecamatan Sungai Mandau.
Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Siak Rubiati, bansos itu merupakan wujud kepedulian pemerintah pusat terhadap para petani di Siak, guna meningkat produktivitas padi bagi para petani.

”Bansos yang disalurkan kepada para petani di Sungai Mandau itu merupakan wujud kepedulian pemerintah. Agar produksi padi para petani bisa meningkat, namun karena saat ini kita sedang dilanda musim kemarau, maka kondisi ini tetap akan berpengaruh pada produktivitas pertanian kita,” jelas  Rubiati, Selasa (20/10).

Lanjut Robiati, bansos yang disalurkan oleh pemerintah pusat itu, sistem penyalurannya langsung dikirim ke rekening kelompok tani masing-masing. Setiap kelompok tani bebas memilih jenis pupuk yang akan mereka gunakan.

”Bansos itu sistem penyalurannya langsung dikirimkan ke kelompok tani masing-masing. Dinas Pertanian hanya monitoring saja, kemudian setiap kelompok tani bebas untuk membeli dan memilih jenis pupuk yang akan mereka gunakan,” ujarnya.

Lebih lanjut Robiati mejelaskan, produktivitas padi di Kabupaten Siak dalam beberapa tahun belakangan ini memang telah mengalami peningkatan. Setiap per hektarnya mampu menghasilkan padi sekitar 4 hingga 6 ton.

“Peningkatan produktivitas padi ini tentunya membuat petani menjadi lebih semangat lagi dan bisa membawa petani untuk lebih sejahtera, dan ini perlu diaspresiasi. Namun, kendala petani saat ini adalah air, karena kemarau terlalu panjang sehingga petani harus menunda penanaman,” pungkasnya.

 

Sumber riaumandiri.co, Rabu 21 Oktober 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top