Pola Makan Sehat Sejak Masa Kanak-kanak Bantu Cegah Diabetes

Pola Makan Sehat Sejak Masa Kanak-kanak Bantu Cegah Diabetes

Pola Makan Sehat Sejak Masa Kanak-kanak Bantu Cegah Diabetes

No Comments on Pola Makan Sehat Sejak Masa Kanak-kanak Bantu Cegah Diabetes

Diabetes melitus tipe 2 dipengaruhi oleh gaya hidup. Salah satunya adalah pola makan sehari-hari termasuk kebiasaan makan yang diterapkan di rumah.

“Karena mereka tinggal di satu keluarga, anak-anak akan terpapar juga pada makanan yang manis. Anak akan terbiasa meminum teh manis misalnya. Pola makan yang berulang mengakibatkan anak terbiasa makan seperti itu sampai dewasa jadi mudah terkena diabetes,” ujar dr Asri Maharani, MS, PhD.

Maka dari itu, dr Asri menekankan pencegahan diabetes bisa dimulai dari keluarga. Sejak dini, anak sebaiknya dibiasakan mengonsumsi makanan yang sehat, terutama menghindari terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung gula.

Hal itu disampaikan dr Asri di sela-sela konferensi pers National Seminar on Non-communicable and Life Style Disease, Kamis (19/5/2016), di JW Marriott Hotel, Jakarta. Ia menambahkan bahwa mengganti gula seperti gula pasir atau gula aren dengan makanan bebas gula tidak sepenuhnya ampuh mencegah diabetes.

Baca juga: Berkeringat Adalah Kunci Menurunkan Gula Darah Tinggi

“Ingat, gula bukan hanya datang dari gula seperti gula pasir, tapi juga makanan yang mengandung gula,” kata dr Asri.

Dalam keseharian, anjuran maksimal konsumsi gula yakni 4-5 sendok makan per orang per hari. Apalagi, makanan tinggi gula umumnya mengandung kalori yang cukup banyak juga. Untuk itu, asupan kalori sebenarnya sudah bisa dicukupi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti nasi dan sayur.

Baca juga: Menjaga Gula Darah Tidak Rendah atau Tinggi(rdn/vit)

Sumber, Detik.com Jumat, 20/05/2016 08:02 WIB

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top