Pramuka Salah Satu Wadah Tingkatkan Kemampuan Bangsa Hadapi MEA

Pramuka Salah Satu Wadah Tingkatkan Kemampuan Bangsa Hadapi MEA

Pramuka Salah Satu Wadah Tingkatkan Kemampuan Bangsa Hadapi MEA

No Comments on Pramuka Salah Satu Wadah Tingkatkan Kemampuan Bangsa Hadapi MEA

Sebanyak 212 orang kader pramuka se-Kecamatan Tualang mengikuti Raimuna dan Dianpinsat kuartir Perawang yang berlangsung di SMK Negeri 1 Tualang. Kegiatan kemah pramuka ini dalam rangka persiapan Raiuma Cabang Nasional.

Hadir pada kesempatan itu, anggota, penegak, pembina pramuka Kwaran Tualang. Seyognya kegiatan yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Mei ini dibuka Ketua Pramuka. (Ketua Binawasa) Siak H. Alfedri, MSi. Namun, karena ada tugas mendadak keluar daerah, Alfedri mendelegasikan tugas kepada Lukman, Mpd selaku Waka Binawasa.

Saat pembukaan tampak hadir Norman, MPd, Waka Binamuda. Ketua Kwaran Pramuka 04 Tualang, Zahroni MPD dan pembina pramuka se-Kecamatan Tualang.

“Kegiatan Raimuna Ranting dalam rangka persiapan Raimuna cabang, nasional 2017,” ujar Lukman MPd.

Menurut Lukman, pengaruh globalisasi seperti Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) sangat luar biasa terhadap bangsa Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus meningkatkan kualitas kemampuan diri.

“Bangsa lain sudah masuk ke daerah kita, mau tidak mau, suka tidak suka sudah berjalan. Kita harus persiapkan diri, salah satu wadah melalui pramuka meningkatkan kompentesi kita,” kata Lukman.

Maka dari itu, setiap kader pramuka harus serius mengikuti mencermati,ketentuan atau pola-pola yang diajarkan pramuka sebagai gugus depan.

Ia memberikan apresiasi kepada Kwaran 04 Tualang yang memiliki komitmen sama, mengembangkan pramuka di wilayahnya. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan digelar seolah-olah tak ada waktu istrahat untuk santai.

“Saya ingatkan kegiatan kepramukan menjaga moralitas, jangan sampai ada yang berbuat hal-hal yang tidak baik,” harap dia.

Sementara itu, ketua panitia Pelaksana, Rozian Elfis MPd, menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan menambah wawasan bertukar pengalaman tentang kualitas peserta didik dan pembinaan pramuka.

“Kegiatan berlangsung selama dua hari dari tanggal 12-14 mei 2016. Selain berkemah, diantaranya ada kegiatan dialog interaktif dan penghijauan. Peserta terdiri dari 180 orang penegak dan pembina 32 orang berasal dari sekolah di Kecamatan Tualang,” papar Kepala SMKN 1 Tualang ini.

 

Sumber kapurnews.com, Jumat 13 Mei 2016

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Top