Produksi Pangan Turun, Pemkab Gelar Rakor Pajale

Produksi Pangan Turun, Pemkab Gelar Rakor Pajale

Produksi Pangan Turun, Pemkab Gelar Rakor Pajale

No Comments on Produksi Pangan Turun, Pemkab Gelar Rakor Pajale

Dalam upaya meningkatkan produksi tanaman padi, jagung dan kedele (Pajale), Pemerintah Kabupaten Siak menggelar rapat koordinasi upaya khusus melalui kegiatan tanam padi sistem Jajar Legowo, Teknologi Hazton, cetak sawah baru, tanam teknologi pertanian dan pengembangan cabe tahun 2016 yang dipimpin langsung Wakil Bupati Siak Drs H. Alfredi, M.Si Senin (29/2/16) di Gedung Mahratu.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Siak Ir Hj Robiati MP meengatakan selama lima tahun mendatang kebutuhan pangan semakin meningkat, untuk kualitas dan kuantitas semakin menurun.

“Untuk itu maka diperlu beberapa trobosoan dalam meningkatkan produksi pangan untuk mencapai kebutuhan tersebut,” ujar Robiati.

Selanjutnya, Perbandingan hasil produksi tanaman padi, jagung dan kedele selama tahun 2015 terjadi penurun dibandingkan pada tahun 2014, Sehingga dibutuhkan terobosan-terobosan untuk meningkatkan jumlah produkasi mengingat kebutuhan pangan semakin meningkat setiap tahunnya.

“Penurunan jumlah hasil produksi diakibat beberap kendala, seperti musim kemarau berkepanjangan dan bencana kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan mengganggu pertumbuhan tanaman,” ujar Robiati.

Meski demikian, upaya dan trobosan untuk meningkatkan jumlah produksi tanaman terutama padi, jagung, kedelai dan cabe akan terus dilakukan yakni dengan upaya mengoptimalisasikan lahan, penanaman bibit mulai dari tingkat Kampung, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten dalam rangka meningkatkan produksi tanaman.

“Sasaran meningkatkan konsolidasi terhadap produksi tanaman, mengingatkan unsur stekholder untuk lebih melakukan upaya-upaya peningkatan produksi tanaman, sehingga apa yang direncanakan dapat berjalan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Siak Drs H. Alfredi M,Si menambahkan, bahwa peningkatan produksi tanaman baik itu padi, jangung dan kedele harus ditingkatkan, meningat meningkatnya kebutuhan pangan dari tahun ketahun.

“Untuk itu kita harus melakukan upaya-upaya peningkatan produksi tanaman, sehingga kebutuhan yang semakin meningkat dapat terpenuhi,” ucap Alfredi.

Selain itu kata Wabup, dengan meningkatkan produksi tanaman secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan petani. “Maka dari itu kita harapkan dengan adanya Rapat Koordinasi upaya khusus peningkatan produksi ini dapat memberikan perubahan pada jumlah produksi tanaman,” harap Wabup seraya secara resmi membuka rakor tersebut.

Dalam rakor itu turut hadir, Kepala BPPKP Kabupaten Siak Rahmania S. Tp, Kepala Dinas TPH Kabupaten Siak Junneta Mecana Syari, Sp, Kadisperindag Kabupaten Siak Wan Bukhori, dan seluruh unsur Forkopinda Kabupaten Siak.

Sumber infosiak.com, Senin 29 Februari 2016

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top