Pusat Gelontorkan Rp300 Miliar Untuk Pembangunan Kabupaten Siak

Pusat Gelontorkan Rp300 Miliar Untuk Pembangunan Kabupaten Siak

Pusat Gelontorkan Rp300 Miliar Untuk Pembangunan Kabupaten Siak

No Comments on Pusat Gelontorkan Rp300 Miliar Untuk Pembangunan Kabupaten Siak

Turunnya harga minyak mentah dunia berpengaruh signifikan terhadap APBD Kabupaten Siak. Sebab, selama ini dana APBD, daerah penghasil minyak bumi ini tergantung kepada penerimaan Dana Bagi Hasil (DBH) minyak bumidan gas.

Akibat penurunan harga minyak mentah dunia hingga level 30 US dollar per barel, APBD Kabupaten Siak yang disyahkan Rp3,2 triliun, mengalami defisit sekitar Rp500 miliar. Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Siak masih bisa bernafas lega, guna mendukung pembangunan infrastruktur di Negeri Istana karena tahun 2016 mendapatkan alokasi anggaran APBN sekitar Rp300 miliar.

“Akibat penurunan minyak mentah dunia, APBD Kabupaten Siak tahun ini mengalami defisit anggaran sekitar Rp500 miliar. Namun kita tidak boleh kalah dengan keadaan untuk membiayai pembangunan Siak. Kita berjuang melobi pusat, tahun ini kita mendapatkan alokasi APBN sebesar Rp300 miliar,” ungkap Bupati Siak H. Syamsuar, MSi saat berkunjung ke Perawang, baru-baru ini.

Syamsuar menegaskan pemerintah melalui instasi terkait terus memperjuangkan agar dana APBN semakin besar diglontorkan di Kabupaten Siak. Sehingga, nanti ketika APBD tidak cukup mendanai pembangunan, bisa dianggarkan di APBN.

“Kita usahakan lagi APBN Perubahan tahun 2016. Sehingga, nanti kalau program tak bisa melalui APBD, bisa digunakan APBN,” sebut Dia.

Selain berjuang keras merebut anggaran dari pusat, Pemkab Siak juga berupaya maksimal menggali potensi daerah di berbagai sektor. Kabupaten Siak selain dikenal dengan daerah penghasil minyak, juga kaya akan sumber daya alam seperti, kehutanan, perkebunan, hingga sektor parawisata.

“Kedepan Kabupaten Siak juga akan meningintensipkan potensi daerah guna meningkatkan APBD,” tambah dia.

Sumbe kapurnews.com, Kamis 07 April 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top