Putra Siak Magang di Thailand Tiga Bulan

Putra Siak Magang di Thailand Tiga Bulan

No Comments on Putra Siak Magang di Thailand Tiga Bulan

Putra-putri Kabupaten Siak terus menunjukkan prestasi di bidang akademis yang membanggakan. Salah satunya Angga Valiansyah Wijaya, alumi SMAN Negeri 1 Tualang. Dia menjadi peserta kegiatan student exchange sekaligus internship program 2015, bekerja sama dengan Rajamangala University of Technology Lanna (RMUTL) Thailand, 6 Juli-17 September 2015 lalu.

Saat ini Angga sedang kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Malang. Prestasi yang diraih Angga Wijaya tidak hanya membanggakan bagi dirinya dan keluarga, tetapi juga keluarga besar SMAN Negeri 1 Tualang.

Saat pulang ke Perawang, dirinya menyampakan diri berkunjung ke sekolah. Saat bertemu dengan Kepala SMAN 1 Tualang Heri Yuliando, mahasiswa semester 7 ini, menceritakan pengalaman berharga tentang pertanian di Negeri Gajah Putih itu.

‘’Pertanian Thailand sudah cukup maju. Untuk Thailand Utara salah seorang pangeran mengurus pertanian,’’ ungkapnya.

Petani Thailand menggunakan bibit unggul yang dikembangkan di laboratoriuam. Saat ini, ditemukan bibit padi cocok di lahan kering. Padi itu tumbuh bagus di pengunungan tanpa irigasi.

Menurutnya, petani Thailand juga didukung oleh fasilitas dan infrastruktur mengembangkan usaha. Misalnya, ada bank khusus membantu modal usaha bagi petani tanpa agunan.

Di samping itu, yang menarik bagi alumni SMP YPPI Perawang ini belum diterapkan di Indonesia, konsep yang dilakukan oleh Land Depelopment Regional (LDR) adalah mendampingi para petani untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Meski masih menuntut Ilmu, Angga berharap ilmu yang diperoleh dari Thailand bermanfaat untuk Indonesia. Sebagai putra daerah Siak Sri Indrapura berkeinginan meningkatkan kualitas SDM, pendidikan, pengalaman dan wawasan, sehingga ilmu yang didapatkan mampu meningkatkan dan mengembangkan potensi daerah di masa yang akan datang.

Sumber riaupos.co, Kamis 08 Oktober 2015

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Selamat Kembali ke Tanah Air

Next Article » Masjid Pusat Belajar Agama

linked in share button

Leave a comment

Back to Top