Rakor Bersama DPD RI, Syamsuar Bahas Masalah Cagar Biosfer

Rakor Bersama DPD RI, Syamsuar Bahas Masalah Cagar Biosfer

Rakor Bersama DPD RI, Syamsuar Bahas Masalah Cagar Biosfer

No Comments on Rakor Bersama DPD RI, Syamsuar Bahas Masalah Cagar Biosfer

SIAK (Infosiak) – Bupati Siak H Syamsuar mengusulkan adanya pembagian kewenangan antara Pemerintah Daerah dengan Kementerian Kehutanan terhadap keberadaan kawasan hutan cagar biosfer di Kabupaten Siak, saat menghadiri rapat koordinasi sinkronisasi bersama Anggota DPD dan DPR RI Dapil Riau, beberapa waktu di salah satu Hotel di Pekanbaru.

“Harus ada pembagian kewenangan terhadap cagar biosfer di wilayah Riau ini, apalagi masih sering terjadi perambahan hutan di cagar biosfer. Selama ini masyarakat hanya memahami semua persoalan di cagar biosfer itu tanggung jawab Daerah, padahal faktanya tidak seperti itu,” terang Syamsuar.

Bupati juga meminta Kepada Pemerintah Pusat, agar memperhatikan secara serius segala permasalahan yang berkenaan dengan cagar biosfer, sebab setiap kali terjadi permasalahan, masyarakat selalu menuding Pemerintah Daerah (Pemda) tidak peduli dengan masalah yang terjadi di wilayah cagar biosfer.

“Saat ada masalah terkait cagar biosfer, masyarakat menuding Kepala Daerah tak peduli dengan keberadaan cagar biosfer, padahal hal itu merupakan tanggung jawab pusat,” lanjutnya.

Pada rapat tersebut, Bupati juga berharap, apa yang dibahas dan disampaikan pada Rakor sinkronisasi bersama Anggota DPD dan DPR RI Dapil Riau itu, nantinya benar-benar disampaikan ke Pemerintah Pusat.

“Saya berharap, aspirasi ini disikapi oleh Anggota DPD RI dapil Riau untuk diperjuangkan di pusat, sehingga ada solusi terkait persoalan kewenangan di cagar biosfer ini,” imbuhnya.

Plt Gubernur Riau diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Joni Irawan menuturkan, rapat koordinasi sinkronisasi aspirasi Daerah dalam rangka konsolidasi Anggota DPD RI dengan pemangku kepentingan di Daerah pemilihan untuk percepatan pembangunan Daerah ini diharapkan sebagai penyelaras Musrenbangnas 2015.

“Sesuai agenda pemerintah pusat dalam upaya percepatan pembangunan untuk meningkatkan kualitas hidup, mengurangi ketimpangan antar golongan dan wilayah dengan tidak mengganggu ekosistem,” Papar Joni Irawan.

Pada kesempatan itu juga dibahas tentang Rancangan Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Riau yang masih dalam proses pembahasan di pusat.

“Untuk itu perlu dukungan dari DPD bersama DPR RI agar persoalan ini dapat segera dituntaskan. RTRW ini faktor penting untuk percepatan pembangunan di Riau,” pungkasnya. (Miswanto/Datok

Sumber Infosik.com Selasa, 6 Oktober 2015

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Sekolah Aktif Senin-Kamis

Next Article » ISPA Meningkat 15 -20 Persen Di Daerah Terdampak Kabut Asap

linked in share button

Leave a comment

Back to Top