Ramadan, Anak Didik Ikuti Pesantren Kilat

Ramadan, Anak Didik Ikuti Pesantren Kilat

Ramadan, Anak Didik Ikuti Pesantren Kilat

No Comments on Ramadan, Anak Didik Ikuti Pesantren Kilat

Walau Ramadan aktivitas belajar mengajar dihentikan sementara, namun Disdikbud Siak telah memprogramkan kegiatan bagi siswa sekolah selama Ramadan.

Menurut Kadisdikbud Siak Drs H Kadri Yafis MPd, aktivitas belajar mengajar yang berhenti total untuk murid sekolah dasar (SD) sederajat mulai kelas I-3. Kelas 4-6 ada kegiatan yang disiapkan. Begitu juga dengan pelajar SMP dan SMA.

“Awal puasa mereka diliburkan selama sepekan. Setelah itu, mereka mengikuti pasantren kilat di sekolah,” kata Kadri, Kamis (26/5).

Dalam aktivitas pasantren kilat ini, diisi dengan tadarus bersama, menghafal ayat, dan salat berjamaah. Hal ini berlangsung selama sepekan, khusus bagi anak didik muslim. “Nonmuslim diliburkan,” ujar dia.

Aktiivitas keagamaan ini, sebut dia, akan mendidik anak-anak untuk meningkatkan kemampuan agama. Sebab mereka dilatih dan diajarkan dalam ilmu agama yang bermanfaat bagi mereka sendiri.

Pola ilmu agamanya disesuaikan dengan tingkatan. Misalnya, murid SD membaca hafalan surat pendek, dan lainnya. Aktivitas selama Ramadan ini, sudah disosialisasikan pada wali/murid. Mengingat liburan cukup lama, alangkah lebih baik diisi dengan kegiatan bermanfaat yang menambah pahala.

Sumber riaupos.co, Jumat 27 Mei 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top