Rapat Penyaluran Rastra (Beras Untuk Keluarga Sejahtera)

Rapat Penyaluran Rastra (Beras Untuk Keluarga Sejahtera)

Rapat Penyaluran Rastra (Beras Untuk Keluarga Sejahtera)

No Comments on Rapat Penyaluran Rastra (Beras Untuk Keluarga Sejahtera)

Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri M. Si , Asisten II Drs. H. Syafrilenti, M. Si, Kepala Bagian Adm. Perekoniman Drs. H. Muhammad Arifin, M. Si, Kasubdid Bulog Bengkalis, Seluruh Penghulu Se- Kabupaten Siak hadir dalam rapat penyaluran Rastra Kabupaten Siak Tahun 2017. Dalam arahannya Wakil Bupati mengatakan bahwa rapat penyaluran Rastra adalah hal yang penting, dahulu program ini disebut Raskin (beras miskin) kemudian diubah menjadi Rastra atau beras untuk keluarga sejahtera.

Rastra disalurkan berbasiskan data terpadu dari Kementerian Sosial sebagai penanggung jawab. Terakhir data diterima oleh Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Siak di awal bulan April 2017. Jumlah terbaru 7. 724 ada tambahan 702 data penduduk miskin. Rastra per Kecamatan terjadi perubahan terjadi namun belum diterima oleh Daerah. Untuk Provinsi Riau Kabupaten Siak merupakan daerah pertama yang akan menyalurkan Rastra.

Wakil Bupati Siak mengingatkan agar penyaluran Rastra ini dilakukan evaluasi, dan jika ada pihak yang belum mendapatkan Rastra Para Camat dan Penghulu dapat melaporkan. Jika ada perubahan data, termasuk warga yang sudah meninggal dunia , pindah domisili dan sudah masuk dalam kategori sudah mampu. Agar Dinas Sosial dan Bulog tepat sasaran dalam mendistribusikan Rastra.

Kasubdid Bulog mengatakan bahwa penyaluran Rastra merupakan tugas mulia karena program ini adalah yang diharapkan oleh masyarakat yang tidak mampu.  Data penerima manfaat diharapkan agar bisa segera di selesaikan karena hal ini akan diperiksa, pencocokan data penerima bisa dilakukan melalui musyawarah Desa. Tahun 2017 bisa mencapai 500 Ton atau lebih, minimal 9 Kecamatan ada 47 per Bulan. Penyaluran Rastra di Kabupaten Siak diperkirakan bisa terserap. Karena beras Rastra merupakan Produksi beras lokal 15 kg per Rumah Tangga.

Kabag. Adm Perekoniman menambahkan, Para Camat agar dapat memilah data per Desa untuk di evaluasi di lapangan. Penyaluran akan dilakukan setiap bulannya.

Sumber: Desi RPK Siak, 11 April 2017

 

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top