RAPP Peduli Pugar Istana Peraduan Istana Siak Kota Pusaka Nasional Republik Indonesia

RAPP Peduli Pugar Istana Peraduan Istana Siak Kota Pusaka Nasional Republik Indonesia

RAPP Peduli Pugar Istana Peraduan Istana Siak Kota Pusaka Nasional Republik Indonesia

No Comments on RAPP Peduli Pugar Istana Peraduan Istana Siak Kota Pusaka Nasional Republik Indonesia
Siak Sri Indrapura – Syukuran akan di mulainya pemugaran Istana Peraduan istana siak di hadiri langsung oleh Bupati Siak Syamsuar, Wakil Bupati Siak Afedri, tokoh masyarakat Melayu Riau, manajemen RAPP dan pejabat musfida kabupaten Siak, Senin (29/10/18).

Pemugaran Istana Peraduan Siak yang di bantu sepenuhnya oleh  PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) perusahaan group APRIL, dan ini mendapat apresiasi langsung oleh  Bupati Siak Syamsuar gubernur terpilih.Bupati Siak H Syamsuar MSi mengatakan istana ini merupakan peninggalan sejarah yang sangat penting.Sebab Istana ini bukti sejarah Karena dulunya Sultan Syarif Kasim II sebagai raja terakhir menetap bersama keluarga  di rumah yang di sebut dengan istana peraduan, sedangkan Istana Siak berada di samping kanannya berdiri kokoh yang terdiri dari dua lantai sebagai bangunan utama, dulunya sebagai pusat pemerintahan kerajaan dan juga menerima dan menjamu tamu kerajaan tentunya.

“Supaya masyarakat tahu apa saja peninggalan dari Kerajaan Siak ini, Kami sangat apresiasi kepada PT. RAPP yang telah mendukung program pemerintah ini,” terang Syamsuar.

ini apresiasi kepedulian RAPP tentang keberadaan cagar budaya ini pun kami ucapkan terima kasih, dan harapan kita pun akan lebih banyak lagi wisatawan yang datang berkunjung sehingga sejarah Kerajaan Siak pun akan di kenal kembali oleh dunia internasional.

“Belum ada perusahaan yang benar-benar peduli dengan situs cagar budaya ini, kami apresiasi kembali dan semoga bisa menjadi contoh oleh perusahaan lain tentunya. Untuk di ketahui Istana Siak ini sudah di jadikan kawasan cagar budaya dan Kota Siak pun sudah masuk dalam jaringan kota Pusaka Indonesia,” tutur Syamsuar.

Dalam sambutannya Direktur RAPP Basrie Kamba mengatakan APRIL sebagai salah satu kepedulian kami perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Siak ini, tentunya turut peduli dalam melestarikan cagar budaya, inilah komitmen kami lakukan dan membantu sepenuhnya dalam melestarikan dan memugar Istana Peraduan Sultan Siak ini.

Perencanaan proyek ini sudah kita mulai pada bulan Oktober 2018 lalu, dengan di awali dengan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang di pimpin langsung oleh bapak Bupati Syamsuar dan melakukan progres pematangan dengan team baik itu dengan kerabat kerajaan, tokoh budaya dan masyarakat, serta tim ahli situs cagar budaya pun sudah mendapat kesepakatan.

“Kemudian kami lanjutkan dengan studi banding ke Malaysia dan mengunjungi beberapa tempat yang berhubungan dengan Kerajaan Siak, Proyek ini di rencanakan “Insyaallah” akan selesai dalam waktu 8 bulan kedepan dengan harapan tercapai dalam pemugaran istana peraduan sultan yang kita banggakan ini,” terang Basrie.

Sumber Humas Pemkab Siak
Editor doliwtr***
Publish by Diskominfo Siak/doliwtr**

Similar Posts:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top