Ratusan Pelajar SMAN 1 Tualang, Siak Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

Ratusan Pelajar SMAN 1 Tualang, Siak Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

Ratusan Pelajar SMAN 1 Tualang, Siak Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

No Comments on Ratusan Pelajar SMAN 1 Tualang, Siak Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

SEMARAK bulan Ramadhan tidak hanya terasa di masjid dan musholla yang setiap malam dipadati jamaah untuk beribadah, tapi di sekolah juga tidak mau ketinggalan.

Di sela-sela aktifitas belajar – mengajar, menggelar kegiatan bernuansa Ramadhan yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan agama Islam bagi anak didik.

sanlat2Dalam rangka menyemarakkan Ramadhan tahun 1436 H/2015 M, Rohani Islam (Rohis) SMA Negeri 1 Tualang, Kabupaten Siak menggelar Pesantren Kilat. Kegiatan digelar pasca penerimaan murid tahun ajaran 2015/2016 dan penyelenggaran Massa Orientasi Siswa (MOS).

Pesantren Kilat ini dimulai hari Senin 6 Juli hingga 9 Juli 2015 yang berlangsung di gedung serbaguna sekolah yang beralamat di Jalan Alamudinsyah, Kampung Perawang Barat.

Selama Pesantren Kilat, anak didik digembleng mengenai materi seputar agama Islam, dengan mendatangkan pemateri seorang Ustad. Mereka diwajibkan membawa kita suci Alquran, karena pesantren kilat itu setiap hari diawali dengan tadharusan.

sanlat6Suasana pesantren terlihat sejak pagi hari di sekolah favorit di Kecamatan Tualang itu. Sejak pagi hari, anak didik perempuan dan laki-laki yang mengenakan busana muslim dan muslimah, duduk terpisah, rapi sembari bersila. Sementara itu, guru pembina rohani Islam dan pemateri duduk di depan.

Keingintahuan mereka tentang hukum Islam tidak kalah, dengan anak didik di sekolah khusus menekuni pelajaran agama Islam.

 

 

sanlat4Antusiasme terlihat saat sesi tanya jawab, anak didik berebut  bertanya dan menjawab pertanyaan ustad, sehingga susana semakin semarak.

Guru Bidang Studi Agama Islam SMAN 1 Tualang, H Soritua menuturkan, Pesantren Kilat ini merupakan agenda rutin sekolah setiap bulan Ramadhan. Kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan pemahaman agama Islam bagi pelajar.

“Pesantren kilat sangat bermanfaat guna meningkatkan ajaran Islam bagi anak didik. Oleh karena itu, kegiatan dikemas agar lebih menarik sesuai dengan karakter anak seusia SMA. Dengan kegiatan ini, kita berharap anak didik lebih termotifasi menjalankan ibadah,” harap mantan Ketua MUI Kecamatan Tualang ini.

Materi pesantren kilat kata Soritua, tadharus Alquran dan penyampaian materi tentang agama Islam. Panitia Rohis sengaja mendatangkan ustad Ikhwan yang menyampaikan materi dengan menarik agar mudah dicerna anak didik.

“Ustad memberikan materi mulai dari thaharoh, bagaimana shalat dan seterusnya,” jelas Soritua

Kepala SMAN 1 Tualang Heri Yuliando, MPd menegaskan, pihak sekolah mendukung kegiatan religius tersebut. Menurutnya, pesantren kilat ini sangat positif untuk membina anak didik memahami ajaran Islam. Dengan demikian, anak didik tidak hanya mengenyam pendidikan umum semata, tetapi juga ilmu rohani Islam.

“Kita berharap anak didik mengikuti dengan baik, sehingga usai pesantren kilat, lebih termotifasi melaksanakan ajaran Islam. Ini juga menjadi ajang pembelajaran bagi Rohis bagaimana mengelola satu kegiatan bernuansa Islam dengan baik,” tandasnya.

Sumber kapurnews.com, Selasa 07 Juli 2015

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Zakat di Kandis Meningkat

Next Article » TP PKK Kabupaten Siak Serahkan 500 Paket Bantuan Sembako

linked in share button

Leave a comment

Back to Top