Riau Investment Award merupakan bentuk penghargaan kepada pemerintah kabupaten/kota yang telah berupaya maksimal dan menunjukkan hasil yang nyata dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif di daerah masing-masing.

Adapun 7 penghargaan yang diterima Kabupaten Siak yang paling membanggakan, Siak berhasil meraih penghargaan kabupaten/kota terbaik I Riau Investment Award 2016. Selain itu, Siak juga meraih penghargaan terbaik I kategori peraturan dan kebijakan daerah, terbaik I kategori kelembagaan, terbaik II kategori keamanan, kepastian dan penegakan hukum, terbaik II kategori nilai investasi PMA dan PMDM, terbaik II kategori infrastruktur investasi dan terbaik II kategori pendukung lainnya.

“Alhamdulilah, penghargaan ini kita persembahkan untuk semua masyarakat Siak. Kita terus berupaya mewujudkan iklim investasi yang kondusif dengan meningkatkan pelayanan diberbagai sektor. Sebelumnya, Kabupaten Siak juga meraih penghargaan dibidang pelayanan publik tahun 2014 dan masuk Top 99 inovasi pelayanan publik tahun 2016 ini,” kata Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi melalui Sekdakab Siak, HTS Hamzah, usai menerima penghargaan dari Sekdaprov Riau H Ahmad Hijazi.

Untuk perizinan, lanjut Hamzah, sejauh ini Pemkab Siak melalui BPMP2T sudah menerapkan tracking sistem, artinya jika ada investor yang ingin mengurus izin tidak perlu bertatap muka ataupun datang ke kantor, cukup mengisi data yang sudah tercantum diaplikasi berbasis online.

“Selanjutnya, investor itu bisa memantau sudah sampai dimana berkas yang mereka urus. Kalau ada persyaratan yang kurang bisa ditambahkan. Jadi, tak harus repot-repot datang ke Siak,” ujarnya.

Pada penganugrahan Riau Invesment Award 2016 ini, mengambil tema peningkatan kualitas pelayanan dalam memberikan kemudahan investasi infrastruktur, kemandirian energi dan pariwisata yang berbasis budaya Melayu menuju visi Riau 2025.

Kepala BKPM RI diwakili Deputi Promosi Imawan Hariyoga berharap dengan adanya Riau Investment Award ini mampu menciptakan investasi kondusif dan memberikan pelayanan terbaik kepada investor yang ada di daerah masing-masing, sehingga Provinsi Riau semakin menarik untuk menjadi destinasi investasi bagi investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah memulai melaksanakan pemberian penghargaan ini sejak 9 tahun lalu, padahal provinsi lain berbuat berbuat seperti ini,” jelasnya.

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman melalui Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi mengatakan, kegiatan Riau Investment Award 2016 ini merupakan salah satu bentuk meningkatkan semangat serta dorogan untuk meningkatkan investasi di Provinsi Riau.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, saya mengajak kita semua, baik pemerintah kabupaten/kota, para pelaku usaha dan seluruh elemen masyarakat untuk selalu menjaga kondisi yang kondusif serta mengembangkan potensi yang ada di daerah masing-masing,” tutupnya.

Sumber: Goriau, Kamis, 15 Desember 2016 17:06 WIB