Riset Kangkung, Empat Pelajar Bertarung di Seameo

Riset Kangkung, Empat Pelajar Bertarung di Seameo

Riset Kangkung, Empat Pelajar Bertarung di Seameo

No Comments on Riset Kangkung, Empat Pelajar Bertarung di Seameo

Kemampuan anak-anak Siak mulai menunjukkan hasil gemilang. Terbukti, empat pelajar SMPN 1 Kecamatan Mempura mewakili Indonesia dalam ajang Kongres Regional Souttheast Asian Ministers of Education Organization (Semeo) peneliti muda yang berlangsung 7-11 Maret di Penang, Malaysia.

Keempat pelajar itu, Syafiga Arinda, M Iqbal Subakti, Ade Arya Irawan dan Asmawati, ditambah seorang guru pembimbing Edi Syahputra SPd. Terpilihnya pelajar Siak ini hasil seleksi penelitian yang dilakukan oleh pelajar. Hasil penelitian mereka berupa, “Dampak Ekstrak Fermentasi Cairan Lemon Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung” terpilih mewakili untuk Indonesia,” kata Kepala SMPN 1 Winda Hartanti SPd MPd.

Kata dia, selain pelajarannya, masih ada pelajar lain di Indonesia yang lolos seleksi pada ajang peneliti muda tersebut. Awalnya tak menyangka penelitian anak didiknya itu bisa lolos ditingkat nasional bahkan mewakili tanah air.
Dia mengetahui bahwa pelajarnya itu menanam kangkung. Hal itu lazim dan biasa dilakukan oleh pelajar bercocok tanam di sekolah. Tanpa disangka tanaman kangkungnya itu dijadikan bahan penelitian. “Saya terkejut saat melihat hasil pebnelitiannya itu,” kata Winda.
Ia tak menyangka penelitian kangkung anak didiknya itu bisa menggugah dewan juri dan diikutsertakan dalam ajang kongres nantinya.

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengaku bangga dengan keberhasilan anak-anak Siak yang melakukan penelitian itu. “Jujur saja, saya baru dapat kabar dan bangga rasanya,” kata dia.
Apa yang dilakukan pelajar itu merupakan inovasi dalam bidang penelitian. Tentunya hal ini bisa jadi motivasi bagi pelajar dan siswa lain untuk melakukan serupa, apapun bidangnya. Pemkab sendiri senantiasa mendorong dan memberikan ruang bagi anak didik untuk berinovasi dan berkreativitas. Tentunya hal yang positif. Baik seni, budaya, sains, agama dan lainnya.

Apa yang dilakukan pelajar ini merupakan prestasi yang membanggakan. Baru ditingkat SMP sudah bisa menghasilkan sesuatu yang berharga dan bernilai tinggi serta bermanfaat bagi dunia pertanian.
“Saya minta teruslah berinovasi dan ukir prestasi,” pesan dia. Syamsuar juga mendoakan saat ajang kongres nantinya, anak-anak Siak bisa meraih juara, dan hasil penelitiannya itu bisa dipatenkan dan bermanfaat bagi dunia pertanian dan masyarakat.

 

Sumber Riau Pos, Selasa 23 Februari 2016

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Top