Saat Badan Terasa Berat Akibat Retensi Cairan, Hal-hal Ini Bisa Dilakukan

Saat Badan Terasa Berat Akibat Retensi Cairan, Hal-hal Ini Bisa Dilakukan

Saat Badan Terasa Berat Akibat Retensi Cairan, Hal-hal Ini Bisa Dilakukan

No Comments on Saat Badan Terasa Berat Akibat Retensi Cairan, Hal-hal Ini Bisa Dilakukan

Retensi air atau cairan bisa terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi garam. Akibatnya beberapa anggota tubuh terasa berat. Bagaimana meredakannya?

Retno Sasongkowati, S.Pd., S.Si., M.Kes. dalam buku ‘Bahaya Gula, Garam dan Lemak’ mengatakan seseorang yang mengalami retensi cairan akan merasakan berat pada kaki, pergelangan kaki dan betis. Dia menyarankan untuk sesering mungkin mengangkat kaki pada saat duduk.

Selain itu retensi air juga bisa dialami akibat masalah di ginjal, hati, dan malfungsi tiroid. Terkadang retensi cairan bisa menyebabkan pembengkakan di sekitar jantung.

Selain mengurangi asupan garam, hal-hal ini diyakini bisa membantu mengatasi retensi cairan:

1. Makan Pisang

Pisang kaya akan kandungan kalium, sehingga dapat membantu mencegah retensi air dalam tubuh. Pada akhirnya, kondisi ini mengurangi kembung atau tumpukan cairan dalam tubuh.

2. Konsumsi Asupan dengan Diuretik Alami

Retno menuturkan asupan yang bisa menjadi diuretik alami antara lain kol dan jus cranberry.

3. Makan Yoghurt

Yoghurt rendah lemak mengandung kultur aktif yang bisa meningkatkan bakteri baik dalam perut. Hal ini bisa membantu memperlancar pengeluaran.

4. Minum Air

Minum air bisa membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan dari dalam tubuh. Namun Retno mewanti-wanti, jika retensi cairan dialami akibat penyakit maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

5. Hindari Menyilangkan Kaki

Ketimbang menyilangkan kaki, sebaiknya Anda lebih sering mengangkat kaki karena bisa membantu mengurangi pembengkakkan di pergelangan kaki. Berjalan kaki dan naik turun tangga juga bisa membantu.

Sebaliknya menyilangkan kaki saat duduk bisa membatasi aliran darah sehingga bisa memperparah pembengkakkan kaki bagian bawah.

Sumber : Detik.com, 27 Juli 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top