Safari Ramadhan di Kecamatan Pusako, Wabup Siak : Kami Senang Datang ke Pusako

Safari Ramadhan di Kecamatan Pusako, Wabup Siak : Kami Senang Datang ke Pusako

Safari Ramadhan di Kecamatan Pusako, Wabup Siak : Kami Senang Datang ke Pusako

No Comments on Safari Ramadhan di Kecamatan Pusako, Wabup Siak : Kami Senang Datang ke Pusako

Dalam Safari Ramadhan kali ini, dimalam ke-12 Ramadhan, Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si bersama rombongan berkunjung ke Kampung Dusun Pusako Kecamatan Pusako. Wabup Siak dalam sambutannya di Masjid Baiturrahim, Selasa (6/6/17) malam menyampaikan rasa senang bisa datang ke Pusako, realisasi pembangunan sudah baik, terutama dalam hal infrasturktur jalan. Memang sudah menjadi azam bersama dengan Bupati Siak untuk membangun jalan penghubung antar desa dan jalan poros desa. Untuk Kecamatan Pusako sudah hampir tuntas, memang masih ada sedikit lagi di Jalan Perincit dan Sungai Limau. Untuk kampung Sungai Barbari terkendala karena jalan tersebut jalan perusahaan Arara Abadi.

Dijelaskan Wabup Siak, panjang jalan di Kabupaten 2400 Km, yang sudah di aspal 900 Km. Periode pertama pemerintahan Bapak Drs. H. Syamsuar, M.Si  sudah diaspal 500 Km, jadi masih ada sekitar 1400 Km lagi yang belum di aspal.  Atas kebijakan Pemkab Siak, untuk infrastruktur jalan lurus yang barang kali ada rasionalisasi. Untuk gang-gang ataupun parit-parit, itu boleh dipergunakan dari APBD Kampung, dari dana desa atau dari ADD/ADK. Kemudian juga untuk dana desa atau dana kampung dari APBN selain digunakan untuk infrastruktur boleh juga digunakan untuk produk unggulan seperti usaha-usaha produktif di pertanian, peternakan dan lain sebagainya.

Memang ada lanjutnya, kebijakan dari pemerintah pusat terkait penggunaan dana desa dari APBN tersebut, yaitu untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Untuk usaha-usaha produktif, seperti pertanian, peternakan dan bahkan untuk mendorong BUMKam yang intinya untuk mendatangkan income untuk kampung.

Selain ituWabup Siak, memuji kesadaran masyarakat Kecamatan Pusako yang sadar untuk membayar zakatnya. Dari jumlah penduduk, Kecamatan Pusako berada diposisi ke 3 se Kabupaten Siak. Selanjutnya, nanti akan dilaksanakan Gerakan Masyarakat (Gemar) Pusako Berzakat tanggal 18 Juni yang akan datang di Masjid Benayah.

Sebelumnya Camat Pusako Andi Putra mengatakan, Kampung Dusun Pusako ini merupakan binaan kampung Sakinah dan terpilih mewakili kabupaten Siak untuk mengikuti Lomba Desa Teladan tingkat Provinsi Riau 2017. Oleh karena itu, ia meminta kepada jamaah yang hadir, untuk mendo’akan kampung tersebut bisa meraih juara.

Dalam kesempatan itu, Wabup Siak membawa sejumlah bantuan, diantaranya bantuan 1 rol sajadah dan 20 Al Qur’an. Kemudian juga ia menyerahkan santunan bagi anak yatim yang berjumlah 81 orang se-Kecamatan Pusako masing-masing menerima Rp 200 ribu. Selanjutnya, juga ada penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS ) untuk warga sebanyak 17 orang, bantuan dari Bank Riau Kepri Cabang Siak ntuk pembangunan masjid sebesar Rp 2 juta, serta diserahkan juga sembako untuk warga se-Kecamatan Pusako sebanyak 79 paket.

Sumber : Humas Kab. Siak, 7 Juni 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top