Sah! Palapa Ring Paket Barat Mulai Konstruksi

Sah! Palapa Ring Paket Barat Mulai Konstruksi

Sah! Palapa Ring Paket Barat Mulai Konstruksi

No Comments on Sah! Palapa Ring Paket Barat Mulai Konstruksi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menandatangani Perjanjian Konsultan Pengawas Independen Proyek KPBU Palapa Ring Paket Barat dengan Direktur Utama PT Palapa Ring Barat, Syarif Lumintarjo serta PT Surveyor Indonesia. “Akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi akan dapat lebih menjangkau dan meningkatkan akses informasi bagi masyarakat Indonesia secara lebih luas,“ paparnya dalam acara yang digelar di Ruang Serbaguna Gedung Kemkominfo, Jakarta, Kamis (11/08/2016).

Bertindak sebagai Penanggung jawab Proyek Kerjasama (PJPK) Palapa Ring Paket Barat, Menteri Rudiantara menyatakan penandatanganan ini sebagai tanda dimulainya kerjasama Proyek Palapa Ring Barat. Selain itu, untuk pemenuhan pembiayaan sebagai persyaratan mulainya proses konstruksi, Menkominfo juga menandatangani Surat Pernyataan Efektif proyek KPBU Palapa Ring Paket Barat dengan PT Palapa Ring Barat.

Rudiantara menjelaskan dengan terlaksananya Proyek Palapa Ring menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjalin kerjasama dengan badan usaha (investor) dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. “Diharapkan bahwa Indonesia akan merdeka dalam hal broadband. Selama ini yang sudah bebas broadband baru pada wilayah Jawa dan Bali, sementara wilayah lain belum”, kata Rudiantara.

Menurut Menkominfo, Proyek Palapa Ring merupakan salah satu proyek infrastruktur prioritas yang diupayakan oleh pemerintah. Melalui layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional dapat menghubungkan seluruh kabupaten/ kota sehingga mampu memberikan pemerataan akses pita lebar (broadband) di Indonesia.

“Proyek yang akan menjangkau wilayah Provinsi Riau, Kepulauan Riau (hingga Pulau Natuna) dan Kalimantan Barat ini memiliki tujuan untuk mewujudkan layanan broadband yang kencang dan memiliki harga terjangkau di seluruh Indonesia. Banyak di luar pulau Jawa yang askes internetnya lambat dan harus membayar dengan harga yang mahal, sementara di Jawa aksesnya cepat dan harganya terjangkau,” papar Menteri Rudiantara.

Diakhir sambutannya Menkominfo menyampakan terimakasih kepada pihak telah ikut mendukung proyek Palapa Ring hingga saat ini, dan Menkominfo mengucapkan terima kasih kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kemenkeu dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII).

“Proyek ini berlangsung relatif cepat, kurang dari setahun. Proyek ini telah memperoleh dukungan fasilitasi pendampingan proses transaksi (PDF) dan Izin Prinsip availability payment dari Menteri Keuangan, hingga proyek bisa mencapai Financial Close,” pungkasnya.

Sumber kominfo.go.id, Kamis 11 Agustus 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top