Segerakan Bayar Zakat Fitrah

Segerakan Bayar Zakat Fitrah

Segerakan Bayar Zakat Fitrah

No Comments on Segerakan Bayar Zakat Fitrah

KANTOR Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Riau sudah mengeluarkan qimat zakat fitrah 2015 sebagai kisaran harga pembayaran bagi masyarakat Riau tahun 1436 Hijriah. Dengan demikian, masyarakat diimbau untuk tidak menunda-nunda lagi pembayaran, dengan menyegerakan datang ke Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masjid/musala.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau H Tarmizi Tohor kepada Riau Pos, Jumat (3/7) di kantornya, Jalan Sudirman Pekanbaru.  Menurutnya, untuk qimat zakat fitrah tahun ini sudah disebar ke seluruh kabupaten/kota melalui kementerian agama di daerah.

‘’Sesuai dengan ketentuan hukum Islam, pembayaran zakat fitrah satu sha’ (gantang) makanan yang mengenyangkan, atau seharga beras yang dikonsumsi. Jadi segerakanlah membayar zakat fitrahnya,’’ kata Tarmizi.

Dengan mengacu surat Disperindag Kota Pekanbaru nomor 510/Disperindag/3..2/426 perihal informasi harga beras per akhir Juni, maka ditetapkan zakat fitrah per jiwa seharga kisaran sebagai berikut, jenis Ramos/Pandan Wangi zakatnya Rp32.500. Lalu beras Mudik/Solok/Mundam/Anak Daro seharga Rp30 ribu.

Kemudian Belida/Topi Koki fitrahnya seharga Rp27.500, dan Bulog seharga Rp22.500.

‘’Jadi 2,5 Kg dari beras yang kita makan, harus dibayarkan zakatnya ke UPZ di masjid/musala,’’ tambahnya.

Dalam edaran Kanwil Kemenag Provinsi Riau tersebut melalui surat nomor Kw.04.6/4/BA.03.2/605/2015, juga disebutkan, kepada seluruh Kanwil Kemenag kabupaten/kota untuk dapat melaporkan hasil pengumpulan dan pendistribusian sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

‘’Paling lambat 15 Syawal atau 31 Juli, laporan kabupaten/kota mengenai hasil pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah tahun ini sudah diterima dari Kemenag,’’ harapnya.

Sumber riaupos.co, Sabtu 04 Juli 2015

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Pemerintah Kecamatan Kandis Santuni Anak Yatim

Next Article » Perpustakaan Sarana Pendidikan

linked in share button

Leave a comment

Back to Top