Sensus Ekonomi 2016 BPS Siak Gelar Sosialisasi

Sensus Ekonomi 2016 BPS Siak Gelar Sosialisasi

Sensus Ekonomi 2016 BPS Siak Gelar Sosialisasi

No Comments on Sensus Ekonomi 2016 BPS Siak Gelar Sosialisasi

Badan Pusat Setatistik Kabupaten Siak menggelar Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016, Kamis (3/12), di Hotel Winaria 3.

Kegiatan ini menghadirkan pemerintah kecamatan, SKPD se-Kabupaten Siak dan pelaku usaha termasuk usaha perhotelan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Siak.

Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 ini dibuka secara resmi Kepala BPS Siak Jasril, didampingi Ketua Panitia Sosialisasi Sumarji yang juga selaku Kasubag TU BPS Siak.

Dijelaskan Jasril, sosialisasi ini digelar untuk menjelaskan kepada pihak terkait yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi.

Bagaimana proses dan tahapan sensus dilakukan dan bagaimana pentingnya data hasil sesnsus tersebut bagi pemerintah untuk membuat kebijakan dalam membuat program pembangunan.

“Tujuan sesus ekonomi adalah untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, keculi sektor pertanian.

Karena sensus pertanian sudah kita lakukan sebelumnya. Hasil sensus ekonomi ini sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan,” terang Jasril.

Sensus Ekonomi 2016 ini akan dimulai di akhir tahun 2015. Sensus diawali dengan listing dan pendataan lengkap, proses sensus akan rampung pada tahun 2017 mendatang. “Tahun 2017 dilanjutkan dengn pencacahan lengkap,” terang Jasril.

Sensus ekonomi merupakan kegiatan rutin yang wajib digelar oleh BPS dalam setiap 10 tahun sekali. Pada tahun 2016 mendatang, sensus ekonomi ini keempat kalinya dilakukan di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam sensus ini ada 19 sektor ekonomi yang akan didata. Di antaranya sektor pertambangan dan pengalian, industri pengolahan, pengadaan listrik, gas, uap, usaha kontruksi, pedagang besar dan eceran, serta 12 sektor ekonomi lainnya.

“Yang jadi responden sensus ini adalah semua pelaku usaha yang ada di Indonesia,” pungkas Jasril.

 

Sumber riaumandiri.co, Jumat 04 Desember 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top