Seperti Ini Pola Makan yang Dianjurkan Bagi Pengidap Diabetes

Seperti Ini Pola Makan yang Dianjurkan Bagi Pengidap Diabetes

Seperti Ini Pola Makan yang Dianjurkan Bagi Pengidap Diabetes

No Comments on Seperti Ini Pola Makan yang Dianjurkan Bagi Pengidap Diabetes

Jakarta, Makanan bagi pengidap diabetes bukan sekedar untuk mengisi perut, tapi juga harus mampu menjaga kadar gula dalam darah. Pengidap diabetes punya keterbatasan dalam mengontrol gula dalam darah, sehingga perlu pengaturan tepat dalam pola makan sehari-hari.

Menurut Dr dr Em Yunir SpPD-KEMD dari Divisi Metabolik Endokrin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), pengidap diabetesharus mematuhi pola makan 3J. Pola makanyang dimaksud meliputi jenis makanan, jadwal makan dan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Selengkapnya, berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai pola makan 3J:

Jenis makanan:

Jenis makanan yang dianjurkan bagi pengidap diabetes setidaknya terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah dengan proporsi yang seimbang. Tentu saja, makanan dengan indeks glikemik rendah sangat disarankan bagi pasien diabetes.

Jadwal makan:

Jadwal makan pengidap diabetes sudah seharusnya diatur sedemikian rupa dengan tenggang waktu sama setiap hari. Hal tersebut bertujuan agar asupan gula dalam darah tetap stabil dan tidak naik turun secara drastis.

Jadwal makan tersebut harus dipatuhi pasien diabetes dan sebaiknya makan tepat waktu. Ketika telat makan, khawatir bisa terjadi hipoglikemia.

Jumlah makanan:

Jumlah atau porsi makan juga harus diperhatikan oleh pengidap diabetes. Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui berapa jumlah kalori yang dibutuhkan, karena setiap orang punya kebutuhan energi berbeda tergantung indeks massa tubuh.

“Jumlah kalori makanan yang dikonsumsi penting untuk dikontrol. Tidak kurang dan tidak lebih, karena berdampak dalam mengontrol gula dalam darah,” tutup Dr dr Yunir, ditemui pada saat konferensi pers penutupan World Diabetes Day, di RS Cipto Mangunkusumo, Jl Pangeran Diponegoro, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016)

Sumber : health.detik.com, Kamis 1 Desember 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top