Siak akan Miliki Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan

Siak akan Miliki Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan

Siak akan Miliki Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan

3 Comments on Siak akan Miliki Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan

Tim Bakorluh Provinsi Riau mengunjungi Kabupaten Siak guna mem verifikasi dan melakukan survei desa yang memenuhi syarat guna dibuat Sentra Penyuluh Kehutanan Pede saan, Senin (25/4)-Selasa (26/4). Demikian disampaikan Syahrial bersama Ketua Tim Bakorluh Rudi For men di sela-sela kunjungan di salah satu desa di Siak.

“Kami berharap potensi pedesaan berbasis kehutanan dapat ditingkatkan dan dioptimalkan. Karena bisa menjadi andalan komoditas masyarakat dalam berusaha meningkatkan kesejateraan hidupnya dengan tetap peduli konservasi.

Hal ini sejalan dengan semakin pentingnya kita menjaga hutan dan kawasan konservasi guna mencegah global warming. Maka dari itu, kita perlu wadah untuk sosialisasi, kegiatan dan pusat informasi perihal kehutanan dengan wadah Sentra Penyuluhan Kehutanan pedesaan,” jelas Syahrial, Rabu (27/4).

Sementara itu, seperti yang dijelaskan Rudi Formen dari Bakorluh Provinsi Riau, ia sangat takjub dan salut dengan upaya masyarakat Pedesaan calon dibentuknya Sentra Penyuluh Kehutanan Pedesaan(SPKP). Karena bukti nyatanya kelihatan dari kegiatan yang sudah dilakukan.

“Memang SPKP ini sebelumnya adalah program dari Kementerian Kehutanan RI, namun setelah itu Pemprov Riau meneruskannya. Karena kami lihat sangat penting dalam upaya-upaya pencegahan kebakaran kehutanan, pelestarian keanekaragaman hayati, konservasi dan menjaga kawasan konservasi seperti Hutan Lindung, Suaka marga Satwa, Taman Nasional dan lainnya.

Dari hasil pengamatan dan penilaian kami langsung, kami sangat apresiasi sekali dengan Pemkab Siak karena desa yang diusulkan sangat memenuhi kriteria dan syarat untuk dibentuk SPKP di empat desa yang diusulkan tersebut,” jelas Rudi.

Dari desa atau kampung yang memenuhi syarat tersebut,di antaranya Kampung  Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit yang sudah memiliki Ekoswisata Mangrove, Desa Rawa Mekar Jaya sudah memiliki Masyarakat Peduli Api hasil Swa daya, Desa Merempan Hilir memiliki Potensi Kebun Buah Desa dan berdekatan dengan Buper Tengku Buang Asmara dan Desa Sialang Sakti yang salah satu sekolahnya sudah meraih Adiwiyata. (adv/humas).

“Ini di luar perkiraan kami sebelumnya, karena di zaman seperti sekarang ini cukup  sulit memiliki Masyarakat Pedulu Konservasi jika tidak ada penggerak yang bisa diteladani di lapangan.

Kami berterima kasih dengan Penyuluh Kehutanan Swa daya Masyarakat(PKSM) yang ada di Kabupaten Siak binaan Dishutbun Kabupaten Siak,  karena walau mereka Swadaya, namun bisa optimal mengaplikasikan pengetahuannya dimasyarakat sejauh ini,” tuturnya.

Sumber : Riaumandiri.co, 28 April 2016

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Bupati Berharap Tingkatkan Prestasi

Next Article » Harga Karet Merangkak Naik

linked in share button

3 Comments

  1. Dealer Mitsubishi Bandung  - April 29, 2016 - 6:27 AM
    Reply /

    Semoga Penyuluhan Kehutanan Desa ini dapat terlaksana Dengan baik, agar desa siak menjadi salah satu desa percontohan yang maju nantinya

    • Prof Zar  - May 2, 2016 - 1:44 AM
      Reply /

      Amin, semoga tujuan yang baik mendapatkan hasil yang baik pk anton.

    • pakrektor  - January 23, 2017 - 8:25 AM
      Reply /

      Amin…. Ya Rabbal Alamin.

Leave a comment

Back to Top