Siak Jadi Pilot Project Gema Cermat

Siak Jadi Pilot Project Gema Cermat

Siak Jadi Pilot Project Gema Cermat

No Comments on Siak Jadi Pilot Project Gema Cermat

Dorong masyarakat agar dapat menggunakan obat secara benar dan tepat, diperlukan sosialisasi yang sinkron secara menyeluruh hingga sampai keseluruh pelosok daerah lewat sentuhan menggunakan obat secara tepat.
Hal ini disampaikan Sekda Siak Drs HTS Hamzah MSi disela-sela acara sosialisasi Gema Cermat. Dia menyampaikan, pada intinya Pemerintah Daerah sangat merespon positif terhadap kegiatan sosialisasi Gema Cermat terkait penggunaan obat secara tepat.

“memang dewasa ini berbagai persoalan yang mengganggu sektor kesehatan terus berkembang ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Karena selama ini masyarakat ketika sedang diterpa sakit selalu menggunakan obat yang dijual di apotik. Oleh sebab itulah upaya untuk mencegah terjadinya kesalahan penggunaan obat harus ada gerakan secara serentak mulai dari kota hingga ke masyarakat yang ada disetiap pelosok secara menyeluruh,” terang Hamzah.

Untuk itu, kata Hamzah, Pemerintah Daerah menghimbau kepada semua pihak yang terkait untuk mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan obat secara benar yang harus dilestarikan.

Sementara, Direktur Pelayanan Kefarmasian melalui Kasubdit Seleksi Obat dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr Zorni menerangkan soal program indonesia sehat. Dimana preventif menjadi salah satu langkah bagaimana caranya menyimpan dan menggunakan obat dengan benar.

Oleh sebab itu sosialisasi ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Siak sebagai pilot projek dari program sosialisasi Gema Cermat kepada masyarakat. “Kita harapkan sosialisasi ini dapat ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah dan juga peserta. Makanya dalam mengatasi persoalan yang dapat mengganggu terhadap kesehatan, kepada masyarakat juga diminta untuk lebih jeli dengan membaca dan mengenali obat yang akan dipakai,” katanya.

Kepala Dinas kesehatan Provinsi Riau yang disampaikan Kabid Drs Jhon Analis menyebutkan gerakan bermaterikan obat ini untuk mendukung kehidupan sehat bagi setiap masyarakat. “Karena kita tahu selama.ini masyarakat apa bila twrasa sakit selalu mengedepankan obat siap saji sebagai solusi sebagai jurus,” jelasnya.

Sementara itu, Kadiskes Siak dr Raja Rini Candra menyampaikan,  kegiatan ini digelar sebagai upaya memberi edukasi dan memberikan  pemahaman kepada masyarakat terhadap penggunaan obat yang benar.

“Ini merupakan program pusat. Dimana Kabupaten Siak ditunjuk sebagai penyenggara dan dijadikan sebagai pilot projek program Gema Cermat. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 100 orang. Diantaranya dari elemen tenaga medis, organisasi, .dan sejumlah elemen llainya,” terangnya.

Sumber riauaktual.com, Selasa 09 agustus 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top